Polres Kendal Siapkan 1.000 Personil untuk Pengamanan Lebaran 2019

Polres Kendal gelar apel pasukan operasi Ketupat Candi 2019

0
535
Polres Kendal menyiapkan 1.000 personel untuk mengamankan pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2019. Para personil langsung bertugas usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2019 di halaman Mapolres Kendal, Selasa (28/5/2019)  hingga 13 hari ke depan. Selain itu juga dibantu TNI, unsur pemeritah seperti Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan ormas.

Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita mengatakan, pihaknya menyiapkan 6 posko mudik/balik lebaran yang terdiri dua pos pelayanan, satu pos terpadu dan tiga pos pengamanan. Selain itu juga didirikan lebih dari 20 sub pos pengamanan yang tersebar di seluruh Kabupaten Kendal. Polres Kendal juga menyiapkan 6 kamera CCTV untuk memantau kondisi arus lalu lintas yang induknya berada di Pos Alun-alun Kendal. CCTV lainnya ditempatkan di area tol Weleri dan tol Kaliwungu, jalur pantura wilayah Weleri, Kaliwungu dan di perbatasan Semarang Kendal. “Jika ada permintaan teleconference dengan presiden atau Polri, maka akan dilakukan melalui CCTV di Pos Alun-alun Kendal,” katanya.
Polres Kendal juga menyiapkan satu regu penembak jitu yang akan ditempatkan di titik-titik rawan di jalur pantura. Hal untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi curas atau kelompok yang ingin meresahkan masyarakat. “Jalur pantura diback up oleh tim regu tembak jitu,” katanya.
Bupati Kendal Mirna Annisa mengatakan, Pemkab Kendal selalu berkoordinasi dengan Polri, TNI, dan lain sebagainya untuk melaksanakan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran. Antisipasi kemacetan disiapkan petugas gabungan untuk mengurai ketersendatan arus lalu lintas. “Untuk pengaturan lalulintas, Pemkab sudah berkoordinasi dengan Polres,” ujarnya.
Dandim Kendal Letkol Infanteri Ginda Muhammad Ginanjar, menambahkan, pihaknya menerjurkan satu Satuan Setingkat Peleton (SST) untuk membantu mengamankan pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran. Mereka akan bergabung dengan personel Polri, pemerintah untuk berjaga di pos-pos yang telah disiapkan. “Sudah disiapkan satu SST,” ucapnya.