Ratusan Peserta Ikuti Festival Panahan

Festival panahan Perpani Kendal

0
119

Swarakendal.com : Sekitar 400 peserta mengikuti Festival Panahan yang digelar di Stadion Madya Kendal, Minggu (13/11/2022). Festival Panahan yang diadakan oleh Pengurus Kabupaten Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kendal dibuka untuk umum, mulai usia dini 10 tahun, 12 tahun, 15 tahun dan 18 tahun, serta kategori prestasi. Festival ini diikuti peserta dari Jawa Tengah, Jawa Barat,  DIY dan DKI Jakarta.

Ketua Pengkab Perpani Kendal, Sulistyo Aribowo mengatakan, kegiatan ini untuk mendorong olahraga panahan di Kabupaten Kendal agar semakin berkembang. Selain itu, untuk mencari bibit-bibit atlet panahan yang potensial, agar prestasi olahraga panahan semakin meningkat.

“Harapannya agar olahraga panahan di Kendal semakin bergairah, sekaligus mencari bibit-bibit atlet panahan yang potensia. Saat ini baru ada satu atlet panahan yang lolos ke Porprov Jateng mendatangi, sehingga harapan ke depan akan semakin banyak atlet panahan yang berprestasi,” harapnya.

Festival ini dibuka untuk kategori standar nasional mulai usia 10 tahun, usia 12 tahun, usia 15 tahun dan usia 18 tahun. Sedangkan kategori umum dibuka untuk usia di atas 18 tahun. Selain itu khusus untuk peserta Kabupaten Kendal kategori pelajar.

Aribowo mengatakan,Perpani Kendal juga mengadakan Pelatihan Pelatih Panahan yang digelar selama dua hari, mulai Sabtu dan Minggu ini. Kegiatan pelatihan ini untuk memberikan bekal pelatih yang kompeten sesuai standar nasional. “Tujuannya agar banyak pelatih panahan, sehingga bisa memberikan pelatihan olahraga panahan di sekolah-sekolah,” harapnya.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kendal, Achmad Ircham Chalid mengatakan, Pemkab Kendal mendorong semua cabang olahraga, termasuk panahan untuk meningkatkan prestasinya. Oleh karena itu Pemkab Kendal juga memberikan anggaran untuk kegiatan di cabang olahraga. “Pemkab Kendal melalui Disporspar mensupport kegiatan olahraga, termasuk dengan Koni dan Perpani, maka untuk disediakan juga anggaran untuk kegiatan,” katanya.

Ketua Koni Kendal, Subur Isnadi berharap, dengan digelarnya Festival Panahan ini, cabang olahraga panahan di Kendal semakin berkembang. Dengan demikian akan muncul atlet-atlet panahan yang bisa bersaing di tingkat Jawa Tengah maupun nasional. “Untuk Perpani Kendal selama ini cukup tidur panjang, maka dengan kegiatan Festival ini bisa menggali atlet-atlet bibit unggul untuk Kendal bisa tampil pada event yang lebih luas lagi,” harapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.