RPJMD Dikebut agar segera bisa Ditetapkan

0
647
Penyusunan RPJMD Kab Kendal ditarget harus sudah ditetapkan paling lambat tanggal 16 Agustus 2016 mendatang. Jika tidak menyelesaikan, maka akan terkena sanksi, yaitu bupati dan anggota dewan tidak akan mendapatkan gaji selama tiga bulan. Hal ini dikatakan Ketua DPRD Kendal Prapto Utono saat Rapat konsultasi dewan dengan Bupati Kendal dr Mirna Annisa Senin (8/8/2016) di ruang Paripurna DPRD Kendal. Sesuai aturan yang ada, RPJMD maksimal harus sudah selesai enam bulan paska Bupati dilantik. Jika Bupati dilantik pada 17 Februari lalu, maka Pansus yang ada harus sudah menyelesaikan sebelum 16 Agustus,”jelasnya.

Prapto pun meminta, agar waktu yang singkat tinggal beberapa hari ini bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin. Pasalnya, bukan hanya RPJMD yang sangat mendesak untuk diselesaikan, namun dua Raperda tentang SOTK dan Kewenangan Pemerintah Daerah juga harus diselesaikan paling lambat akhir Agustus ini. “Ini harus kerja keras, sehingga Badan Musyawarah harus menyusun jadwal kembali,”katanya.

Anggota Fraksi PKS, Rubiyanto menyayangkan lambannya penyusunan RPJMD. Apalagi materi awal dan materi yang terakhir diterima, ternyata tidak ada perubahan. Padahal, tim dari dewan sejak Februari telah memberikan masukan-masukan guna merevisi materi tersebut. Walaupun Kepala Bappeda M Toha memberikan keterangan, bahwa sudah melakukan revisi, namun materi yang sudah direvisi yang seharusnya diserahkan kepada dewan, tertukar dengan dengan materi awal. “Bisa selesai, asal benar-benar sudah dilakukan perbaikan. Tapi dari materi yang saya terima, RPJMD yang ada itu, jauh dari harapan, karena tidak menunjukkan arah dan strategi yang jelas untuk setiap tahunnya, sehingga arahnya tidak jelas. Semoga saja sudah ada perbaikan,”ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kendal dr Mirna Annisa meminta kepada pihak eksekutif dengan legistif harus ada  komunikasi yang baik, sehingga jika ada perbedaan persepsi bisa diselaraskan. Bupati pun memerintahkan kepada Kepala Bapeda untuk segera menyelesaikan revisi RPJMD. “Saya tidak masalah tak menerima gaji tiga bulan, asalkan ini RPJMD ini betul-betul diselesaikan untuk kepentingan Kendal lima tahun kedepan,” timpalnya.