RSI Kendal sudah Punya Alat PCR dan Laboratorium Sendiri

RSI Kendal sudah Punya Alat PCR dan Laboratorium Sendiri

0
320

Rumah Sakit Islam (RSI) Kendal mulai menambah ruang isolasi untuk pasien Covid-19.  Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 yang akhir-akhir ini masih terus bertambah. Selain itu juga melakukan pengadaan alat PCR dan laboratorium  untuk mempercepat pemeriksaan pasien yang mengalami kasus suspek dan probable.

Humas RSI Kendal, Farid Hermawan mengatakan, RSI Kendal menambah ruang isolasi pasien Covid-19 sebanyak 21 ruang. Dari sebelumnya hanya 12 ruang, sehingga kini memiliki 33 ruang isolasi Covid-19.  “Rencananya akan menambah lagi ruang isolasi pada awal Februari mendatang sebanyak 45 ruang baru, berada di gedung baru yang saat ini tengah dalam pengerjaan,” jelasnya, Jumat (15/01/2021).


Farid Hermawan mengatakan, pengadaan alat PCR lengkap dengan laboratorium itu, saat ini tinggal menunggu izin operasi dari Dinas Kesehatan Kendal. Dengan alat PCR dan laboratorium sendiri, maka hasilnya cepat diketahui, maksimal sehari sudah bisa diketahui hasilnya. Selama ini RSI Kendal untuk melakukan tes PCR harus mengirim sampel lendir ke RSDC Kendal atau ke RS di Semarang. Sehingga butuh waktu, paling sedikit dua hari untuk mengetahui hasilnya.  “Karena menunggu hasil tes PCR terlalu lama, maka RSI Kendal memutuskan untuk melakukan pengadaan alat PCR berikut dengan membuat laboratoriumnya, sehingga dengan alat PCR dan laboratorium ini, hasilnya maksimal sehari sudah bisa diketahui,” ujarnya.

Sementara  Kepala Dinas Kesehatan  (Dinkes) Kendal, Ferinando Rad Bonay mengatakan, bahwa ada instruksi dari  Pemprov Jateng, supaya RS umum daerah maupun swasta untuk menambah ruang isolasi pasien Covid-19. Tujuannya untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19. “Semua  RS di Kendal sudah mempersiapkan  tambahan ruang isolasi untuk  pasien Covid-19, sehingga jika terjadi lonjakan pasien Covid-19 bisa di tampung di semua rumah sakit di kendal yang sudah ditunjuk untuk menerima pasien Covid-19,” jelasnya.