RSUD dr. Soewondo Kendal Buka Layanan Cek Kesehatan Calon TKI ke Luar Negeri

RSUD dr Soewondo buka layanan cek kesehatan calon TKI

0
2417

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Soewondo Kendal mulai tahun 2018 ini melayani pemeriksaan bagi calon tenaga kerja Indonesia (TKI) yang akan berangkat bekerja ke luar negeri. Hal ini disampaikan Wadir Pelayanan RSUD dr. H. Soewondo Kendal, dr. Rokhmat. “Ya mulai tahun ini sudah melayani cek kesehatan bagi calon TKI,”kata dr. Rokhmat saat launching LTSA-P2TKLN di Disnaker Kendal.

Dokter Rohmat mengatakan, bagi calon TKI yang akan melakukan pemeriksaan kesehatannya akan dilayani secara khusus, sehingga tidak perlu mengantri berlama-lama seperti pasien lainnya. Pasalnya, pendaftaran cek kesehatannya dilakukan melalui Kantor Layanan Terpadu Satu Atap Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri (LTSA-P2TKLN) di Kantor Dinas Tenaga Kerja Kendal.
“Pendaftarannya kan melalui LTSA di Disnaker Kendal. Jadi, petugas yang di LTSA sudah menghubungi rumah sakit, dan calon TKI yang sudah mendapat Surat rekomendasi Pemeriksaan Kesehatan bisa langsung datang ke rumah sakit untuk pemeriksaan kesehatannya,”jelasnya.
Kantor LTSA-P2TKLN yang berada di Kantor Dinas Tenaga Kerja Kendal resmi dilauncing pada Rabu, 14 Maret 2018. Instansi yang melakukan pelayanan di LTSA yaitu Disdukcapil, Disnaker Kendal, RSUD dr Soewondo Kendal, Polres Kendal, BPJS Kesehatan, Bank BNI, Imigrasi, dan BP3TKI.