RSUD dr. Soewondo Kendal Gelar Simulasi Penanganan Pasien Terindikasi Virus Corona

RSUD dr. Soewondo Kendal Gelar Simulasi Penanganan Pasien Terindikasi Virus Corona

0
402
RSUD dr Soewondo Kendal melakukan simulasi penanganan pasien terindikasi virus Corona pada Selasa 28 Januari 2020. Sebelum simulasi, terlebih dulu dilakukan Sosialisasi dan Kewaspadaan Antisipasi Virus Corona yang disampaikan oleh dr. Didik Supriyadi. Untuk simulasi dimulai dari mobil ambulans yang membawa pasien rujukan dari puskesmas. Petugas yang membawa pasien di ambulans dan petugas rumah sakit yang akan menangani pasien, semuanya sudah mengenakan pakaian dan alat pelindung diri.

Kepala Pencegahan dan Pengendalian Infeksi, dr. Didik Supriyadi mengatakan, gejala orang yang terkena virus Corona di antaranya batuk, demam, nafas pendek-pendek dan mual-mual. Sementara untuk saat ini yang harus diwaspadai adalah orang yang baru pulang dari luar negeri dan orang yang kontak tertutup dengan pasien terindikasi virus Corona. “Jika ada keluarga yang baru pulang dari luar negeri dalam masa 14 hari mengalami gejala virus Corona, seperti batuk, demam, nafas pendek-pendek, sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit,” katanya.
Dokter Didik mengatakan, sampai saat ini belum ditemukan vaksin dan obat untuk membunuh virus Corona. Oleh karena itu untuk pencegahan yang paling utama adalah melakukan pola hidup sehat. Dianjurkan pula untuk selalu mengonsumsi buah-buahan.
Dikatakan, virus Corona berasal dari hewan kelelawar dan hewan liar yang tak lazim dimakan. “Oleh karena itu harus dihindari memakan hewan liar yang tidak lazim dikonsumsi itu,” ujarnya..
Kasubag Humas dan Pemasaran RSUD dr Soewondo Kendal, dr. Muhammad Wibowo mengatakan, simulasi dilakukan agar semua petugas di rumah sakit dapat melakukan penanganan pasien dengan baik sesuai standar penanganan. Pasalnya, jika salah prosedur dan tidak melakukan sesuatu SOP, maka petugas yang menanganu bisa tertular. “Untuk mengantisipasi adanya pasien yang terindikasi virus Corona, RSUD dr. Soewondo telah menyiapkan Ruang Isolasi lengkap dengan sarana dan prasarana serta peralatan yang digunakan,” katanya..