Satpol PP Bongkar PKL Liar di Bantaran dan Trotoar Pasar Sukorejo

Satpolkar Kendal tertibkan PKL liar di Sukorejo

0
798
Satpol PP Kendal melakukan pembongkaran lapak pedagang kaki lima (PKL) liar di sekitaran bantaran Sungai Pencar dan Pasar Sukorejo, Kamis (04/10/2018) . Sekitar  74 lapak PKL yang dibongkar paksa lantaran tidak mengindahkan surat peringatan larangan mendirikan lapak di lokasi larangan PKL. Aksi pembongkaran berjalan mulus, para pedagang hanya bisa melihat dan menerima saat lapak-lapak mereka dibongkar oleh Satpol PP. 

 
Kabid Satpol PP Kendal Dian Dindriasari mengatakan, Satpol PP sudah melakukan sosialisasi kepada para PKL untuk membongkar.  Pembongkaran lapak PKL dilakukan karena PKL tersebut mendirikan bangunan melanggar aturan Perda larangan PKL. Satpol PP juga sudah memberikan tenggat toleransi waktu selama sepekan untuk mengosongkan lokasi. “Kami juga sudah memberikan surat peringatan hingga tiga kali. Tapi PKL tidak segera membongkarnya, jadi kami bongkar secara paksa,” katanya.
 
Selain melanggar Perda juga banyak keluhan warga kepada kami akan PKL yang meresahkan karena mengganggu aktifitas warga. Dalam pembongkaran, Satpol PP juga melibatkan petugas gabungan dari unsur Kecamatan, Polsek Sukorejo dan Dinas Perdagangan , Dinas PUPR, Dinas Perhubungan dan Dinas Lingkungan Hidup. “Warga mengeluh, karena akibat PKL diatas sungai, menyebabkan aliran sungai tidak lancar. Akibatnya warga sering kebanjiran saat debit air sungai mengalami pasang,” tandasnya.
 
Tak hanya  bangunan liar diatas bantaran Sungai Pencar, Satpol PP juga membongkar paksa bangunan PKL di sepanjang kawaan Pasar Sukorejo. “Warga mengeluhkan bahwa PKL tersebut menyebabkan kondisi pasar jadi semrawut dan sering mengalami kemacetan panjang,” paparnya.
 
Sekretaris Paguyuban PKL Pasar Sukorejo, Mas’ud mengakui tidak ada perlawanan dari para PKL. Hal itu lantaran PKL menyadari, mereka berjualan di area yang salah. Ia justru berharap, dengan dilakukannya penertiban ini, arus lalulintas di sepanjang jalan ini bisa lancar. 
 
“Rencananya jalan pasar ini akan diberlakukan alur dua arah, semoga segera tewujud. Katanya juga akan membangun taman untuk keindahan kota, sebagai tempat warga bisa berekreasi,” imbuhnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.