Sebanyak 1.882 ASN Pemkab Kendal Ikut Penilaian Potensi dan Kompetensi PNS Berbasis CAT

Sebanyak 1.882 ASN Pemkab Kendal Ikut Penilaian Potensi dan Kompetensi PNS Berbasis CAT

0
326

Sebanyak 1.882 ASN Pemkab Kendal mengikuti Penilaian Potensi dan Kompetensi PNS Berbasis CAT yang digelar di Pendopo Tumenggung Bahurekso. Dari 1.882 peserta terdiri dari pejabat administrator 150 orang, pejabat pengawas 552 orang, pejabat fungsional 811 orang dan pejabat pelaksana 369 orang.

Plt Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kendal, Wahyu Hidayat mengatakan, karena dalam kondisi pandemi Covid-19, maka pelaksanaannya harus mengikuti protokol kesehatan. Untuk itu peserta dibagi dalam beberapa sesi, yang tiap sesinya sekitar 40 sampai 50 peserta. Pelaksanaannya mulai tanggal 2  – 15 November 2020. “Dalam satu hari dibagi menjadi tiga sesi, karena tiap sesi maksimal 50 peserta,” katanya.

Wahyu Hidayat mengatakan, kegiatan ini ini bekerja sama dengan Lembaga Assessment dari Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah.Adapun penilaiannya meliputi  7 aspek, di antaranya mengukur kemampuan berpikir, mengukur kemampuan intrapersonal, mengukur kemampuan interpersonal, mengukur daya juang kemampuan menghadapi kesulitan dan mengukur sikap kerja. “Aspek lainnya yaitu mengukur potensi integritas dan mengukur tingkat kepemimpinan yang otentik,” jelasnya.

Sekda Kendal Moh Toha mengatakan, manfaat diadakan Penilaian Potensi dan Kompetensi ini di antaranya untuk mengukur tingkat kesenjangan antara kompetensi yang dimiliki PNS dengan jabatan yang sedang duduki dan yang akan diduduki. Selain itu juga dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karir PNS, karena dapat melihat kemampuan mengatasi masalah dan memberi peran dalam kelompok kerja. “Tujuan tes ini juga sebagai penyusunan database kompetensi ASN untuk manajemen talenta dan sebagai tolok ukur persiapan kebutuhan diklat PNS,” katanya.