Sebanyak 100 Pemuda Ikut Pelatihan Kewirausahaan

Sebanyak 100 Pemuda Ikut Pelatihan Kewirausahaan

0
120

Swarakendal.com : Wirausahawan atau pengusaha harus memiliki mental yang kuat dan fokus dengan bidang usahanya. serta memiliki jaringan yang luas. Pesan ini disampaikan Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat acara Pelatihan Kewirausahaan bagi Pemuda di Kabupaten Kendal yang digelar di Hotel Tirto Arum Baru Kendal, Senin (30/5/2022). Kegiatan ini diikuti 100 pemuda Kendal, perwakilan dari desa-desa tertinggal, perwakilan kecamatan dan pendaftar umum secara online.

“Pengusaha juga harus memiliki jaringan yang luas supaya lebih mudah berkembang usahanya,” kata Bupati Kendal.

Bupati Dico mengatakan, pengusaha harus memiliki jiwa pemberani, dengan memanfaatkan potensi dan peluang yang ada secara optimal. Pengusaha juga harus bisa melihat potensi pasar, maka ketika menciptakan usaha harus berdasarkan dari kebutuhan  masyarakat. “Harapan Saya, seluruh pengusaha Kendal yang sudah mulai dan akan mulai, semua harus memiliki mental yang kuat, itu dulu. Yang kedua, harus fokus dengan usahanya,” tegasnya.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kendal, Achmad Ircham Chalid mengatakan, pada pelatihan kewirausahaan kali ini mengajak peserta dari perwakilan desa-desa tertinggal di Kabupaten Kendal. Di Kabupaten Kendal masih ada 25 desa tertinggal dengan kondisi kemiskinan yang cukup ekstrim. Harapannya agar pemuda dari dari desa-desa tertinggal tersebut bisa mendongkrak untuk membangkitkan perekonomian di desanya, sehingga bisa mengentaskan kemiskinan di desanya. “Pembinaan kewirausahaan untuk para pemuda, pemuda-pemuda yang dari desa-desa tertinggal, kemiskinan ekstrim ini bisa ikut mendongkrak, sehingga ada pengurangan nantinya ke depan untuk desa-desa yang kemiskinan ekstrim di Kabupaten Kendal,” katanya.

Materi pelatihan di antaranya terkait perizinan usaha yang disampaikan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kendal Nanang Widiasmoro. Materi lainnya terkait pemasaran online yang disampaikan oleh Hipmi Kendal.

Achmad Ircham mengatakan, materi pelatihan lebih fokus pada inovasi usaha dan marketing secara online. Hal ini sesuai dengan tema dari pelatihan ini, yaitu menciptakan kreatif konten marketing melalui platform digital. ‘Harapannya akan menciptakan wirausaha muda yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi dalam menjalankan usahanya, wirausaha muda yang mandiri, tangguh dan memiliki daya saing di era milenial,” harapnya. 

Kegiatan dalam pelatihan meliputi workshop dan praktek digital marketing, fotografi berbasis platform, dan desain yang produktif dan inovatif. Kelanjutan dari pelatihan ini akan dilakukan pendampingan dan monitoring, juga dan bimtek sebagai kelanjutan untuk meningkatkan kapasitas tentang wirausaha.