Sebanyak 100 Rumah Tidak Layak Huni Siap Direhab

0
1051

Sebanyak 100 rumah tidak layak huni di Kab Kendal siap diperbaiki. Program bantuan rehab rumah ini merupakan bantuan dari pusat yang disalurkan melalui anggta DPR RI, Ahmad Fadholi. Masing-masing rumah tersebut akan mendapatkan biaya rehab sebesar Rp 15 juta. Bantuan rehab rumah diberikan di lima desa, yaitu Desa Gondang, Desa Jawisari, Desa Limbangan Kec Limbangan, Desa Singorojo Kec Singorojo dan Desa Pagersari kec Patean.  “Kalau tahun 2016, bantuan bedah rumah hanya untuk 20 rumah. Bantuan sengaja diberikan di wilayah atas, terutama wilayah perbatasan, karena jarang terjangkau oleh pemberi bantuan,”katanya.

Fadholi, yang kini duduk di Komisi IV DPR RI mengatakan, selain bedah rumah, juga ada bantuan asuransi nelayan untuk 2500 nelayan. Asuransi ini untuk perlindungan bagi nelayan, jika mengalami kecelakaan di laut maupun di darat, yaitu jika meninggal dunia akan mendapatkan asuransi Rp 200 juta, mengalami cacat tetap Rp 100 juta dan biaya pengobatan jika lula-luka Rp 20 juta.

Anggota DPR RI dari Partai Nasdem dari Dapil I Jateng asal Kendal ini mengatakan, pihaknya juga memberikan beasiswa untuk 1000 siswa. Bukan hanya bantuan, program lain adalah pemberdayaan masyarakat, seperti pendampingan petani jagung untuk 1000 hektar dan pemberdayaan nelayan, termasuk pemberdayaan pesantren. “Pemberdayaan masyarakat, seperti pelatihan keterampilan ini sebagai bekal untuk mengembangkan di bidang usaha atau wirausaha,”jelasnya.