Sebanyak 500 Personel Banser bersama TNI Bangun Talud Darurat di Desa Lanji

Sebanyak 500 Personel Banser bersama TNI Bangun Talud Darurat di Desa Lanji

0
339

Sebanyak 500 personel Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kendal bersama TNI melakukan bakti sosial penanggulangan banjir di Desa Lanji Kecamatan Patebon, Minggu (31/01/2021). Baksos bertajuk “Banser Bersama TNI Mengabdi untuk Negeri” dilaksanakan untuk memperingati Hari lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama (NU) Ke-95. Kegiatan ini melibatkan seluruh Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) di 20 kecamatan.


Ketua Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Banser GP Ansor Kendal, Alex Nur Abyadi mengatakan, kegiatan baksos yang dilakukan yakni tambal darurat pada talud yang rawan jebol di Desa Lanji. Upaya ini sebagai penanggulangan dini talud Sungai Bodri yang rawan jebol menggunakan karung yang diisi tanah. ,” katanya.


Slex mengatakan, kegiatan sengaja difokuskan pembuatan talud darurat Sungai Bodri di Desa Lanji, sebab kondisi talud sudah kritis, sehingga rawan jebol jika sewaktu-waktu volume air sungai meningkat. Apalagi di musim hujan seperti ini, beberapa kali talud mengalami kebocoran dan limpasan airnya menggenani rumah warga. “Bahkan warga harus diungsikan ke tempat yang aman karena rawan banjir bandang jika talud sampai jebol,” tuturnya.


Ketua PC GP Ansor Kendal, Misbachul Munir menambahkan, peringatan Harlah NU tahun ini dilakukan secara sederhana, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Bahkan ia sudah memberikan instruksi kepada semua Pimpinan Anak Cabang (PAC) untuk tidak menggelar perayaan Harlah NU secara berlebihan. Apalagi sampai mengumpulkan massa dalam jumlah banyak. “Karena kondisi saat ini sedang dalam masa pandemi, terlebih Kendal saat ini masih dalam masa Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akibat tingginya kasus Covid-19, maka kegiatan difokuskan baksos untuk membantu masyarakat di wilayah rawan bencana selama tiga hari kedepan,” tambahnya.