Sekitar Seribu Santri Kendal yang akan kembali ke Pondok Jalani Tes Swab Antigen, Difasilitasi oleh Pemkab Kendal

Sekitar Seribu Santri Kendal yang akan kembali ke Pondok Jalani Tes Swab Antigen, Difasilitasi oleh Pemkab dan Baznas Kendal

0
263

Swarakendal.com : Kurang lebih seribu santri asal Kabupaten Kendal yang akan kembali ke pondok pesantren di luar daerah Kendal melakukan tes swab antigen. Pelaksanaan tes swab antigen dilakukan di Stadion Utama Kendal selama lima hari, mulai Sabtu 22 Mei 2021.

 
Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Ferinando Rad Bonay mengatakan, tes swab ini difasilitasi oleh Pemkab Kendal tanpa dipungut biaya. Fasilitasi tes swab antigen ini bentuk kepedulian Pemkab Kendal terhadap para santri untuk mencegah penularan virus Korona. “Ini bentuk kepedulian Pemkab Kendal dalam membantu para santri untuk mencegah penularan virus Korona,” katanya.


Para santri juga akan diantar ke pondok pesantren tujuan dengan menggunakan bus yang difasilitasi oleh Baznas Kendal. Bagi santri yang hasil tes swabnya positif akan diantar ke pondok pesantren menggunakan mobil khusus. “Untuk santri yang hasil tes swab antigennya positif akan diantar dengan mobil khusus, kemudian akan berkoordinasi dengan pondok supaya santri tersebut diisolasi,” jelasnya.

Sementara itu, Pengurus Himpunan Alumni Santri Lirboyo (Himasal) Kabupaten Kendal, Usman Tahrir mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Kendal yang telah memfasilitasi tes swab antigen kepada para santri. Ia berharap, kerjasama Pemkab Kendal dengan Himasal yang sudah terjalin baik ini terus berlanjut. “Kami mewakili Himasal sangat berterima kasih atas kebijakan pemerintah setempat yang ikut andil mensukseskan pembelajaran di masa pandemi,” ucapnya.


Khusus santri pondok pesantren Lirboyo dari Kabupaten Kendal yang akan berangkat ke pesantren sebanyak 337 santri. Setelah menjalani tes swab antigen, rencananya akan diberangkatkan pada Senin 24 Mei 2021 dengan menggunakan 8 bus yang difasilitasi oleh Baznas Kendal.