SMK Bina Utama Bakti Lingkungan Tanam 5.000 Mangrove

0
881

Memperingati hari Pramuka ke-55, SMK Bina Utama Kendal melakukan Aksi Peduli Lingkungan dengan melakukan program penanaman 5.000 mangrove. Penanaman dilakukan di sepanjang pantai utara wilayah Kendal (Pantai Sekucing Weleri sampai Pantai Ngebum Kaliwungu) yang rusak terkena abrasi.

Aksi penanaman mangrove oleh Pramuka SMK Bina Utama Kendal dilakukan di pantai Kartika Jaya Patebon pada hari Selasa (23/8/2016) dipimpin Ketua Gugus Depan Pramuka SMK Bina Utama, Ali Mashudi.

Humas SMK Bina Utama Kendal, Susandri mengatakan,  penanaman mangrove tersebut sebagai bentuk kepedulian  anak pramuka  melihat  kondisi pantai  yang sangat memprihatinkan akibat abrasi. “Aksi ini sebagai bentuk kepedulian  para siswa SMK Bina Utama, khususnya  Pramuka,”kata Susandari Rabu (24/8/2016).

Susandri mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan Gugus Depan, ambalan dan kegiatan-kegiatan kepramukaan sesuai golongannya ditingkat SMA/SMK sederajat yang pada umumnya golongan Penegak. Kegiatan tersebut juga untuk mengenalkan pentingnya pramuka bagi generasi muda sekarang dalam upaya pembentukan karakter. Hal tersebut sesuai dengan proses kegiatan pembelajaran kurikulum 2013 yang diatur dalam Peraturan Menteri no 63 tahun 2014, bahwa Pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah dan sebagai penguat dalam peraturan tersebut adalah UU No.12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Dikatakan, tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena Dewan Ambalan atau Penegak Bantara kelas XI dan XII Ki Hajar Dewantara dan Nyi Ageng Serang Gugus Depan 01.119 dan Gugus Depan 01.120 serta calon anggota Pramuka Kelas X telah melaksanakan kegiatan penanaman mangrove. “Kegiatan ini bekerja sama dengan tim Pengelola Pantai Kartika Jaya, Wasito,”ujarnya.

Sementara itu Ketua Gugus Depan, Mashadi berharap, dengan kegiatan ini pengamalan Dasa Darma Pramuka nomor 2 yaitu “Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia” dapat terwujud. “Kegiatan ini untuk menanamkan  jiwa cinta alam dan kasih sayang sesamanya” kata Mashadi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.