Sosialisasi dan Pengenalan Genre oleh Duta Genre Kabupaten Kendal di Radio Swara Kendal

0
894

Eksistensi Genre di Kabupaten Kendal tidak diragukan lagi, banyak kegiatan-kegiatan positif yang mereka bangun untuk masyarakat Kabupaten Kendal. Namun tak sedikit juga masyarakat  yang masih belum mengenal Genre secara detail. Maka muncul pertanyaan Apa sih Genre itu?

Senin (3/8/2020) Juara 1 Duta Genre Kabupaten Kendal 2020, Ananda Fitra Aditya dan Alejandra Grace Febrianti Masihe melakukan kegiatan sosialisasi juga pengenalan genre kepada masyarakat di Radio Swara Kendal.

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa Genre adalah generasi perencanaan yang merupakan salah satu program dari BKKBN. Dengan adanya program tersebut diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada remaja maupun orang tua, bahwa kenakalan-kenakalan remaja dapat dihindari dan dijauhi.

Adit dan Febi menjelaskan latar belakang adanya program Genre yaitu karena adanya praktik-praktik seperti pernikahan dini. Usia pernikahan yang dianjurkan versi BKKBN adalah usia 21 tahun (perempuan) dan usia 25 tahun (laki-laki).

Selain itu, ada praktik sex bebas pada remaja yang menyebabkan banyak anak-anak remaja yang terkena penyakit menular seperti HIV/AIDS.

Maka dari itu, tugas seorang Duta Genre adalah dapat mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai pentingnya parenting dan sex education di rumah.

Kedatangan Duta Genre di Radio Swara Kendal tak hanya mensosialisasikan mengenai pentingnya perencanaan di masa remaja untuk masa depan dengan menghindari hal-hal negatif seperti sex bebas, pernikahan dini, narkoba, lainnya.

Mereka juga menjelaskan seperti apa persiapan-persiapan mengikuti pemilihan Duta Genre Kabupaten Kendal.

Pemilihan Duta Genre dilakukan setiap tahun sekali. Febi menjelaskan hal-hal yang dapat dilakukan sebelum mendaftar menjadi Duta Genre Kabupaten Kendal. “Kalau dari pengalaman saya mencari tahu dulu apa itu Genre, tujuan Genre, dan visi misi menjadi Duta Genre,” ujarnya.

Adit juga menerangkan pemilihan tersebut diikuti oleh seluruh kecamatan yang ada di Kabupatem Kendal. “Sebenarnya ada beberapa kecamatan yang melakukan pemilihan terlebih dahulu sebelum dikirim ke kabupaten, namun ada juga yang langsung mengirimkan perwakilannya ke kabupaten,” terangnya.

“Pemilihan ini diikuti satu pasang perawakilan setiap kecamatan di Kabupaten Kendal, kurang lebih ada 18 kecamatan yang mengikuti,” imbunhnya.

Saat pemilihan menjadi Duta Genre Kabupaten Kendal terdapat beberapa langkah yang dibagi menjadi 3 sesi, yaitu :

1.Penyuluhan

Pada sesi ini peserta akan di tes public speakingnya. Karena menjadi seoarang duta harus pandai mengolah kata dan berbicara di depan umum.

2.Wawancara

Sesi ini adalah sesi yang dapat menilai sperti apa ettitude Anda saat menjawab semua pertanyaan.

3.Minat Bakat

Pada sesi ini semua peserta menampilkan bakatnya masing-masing.

Tak lupa Adit dan Febi, Duta Genre Kabupaten Kendal 2020 memberikan harapan-harapannya untuk remaja Kendal.

“Semoga dengan adanya Genre ini remaja di Kabupaten Kendal semakin open minded mengenai hal-hal positif,” harap Adit.

“Semoga remaja Kendal lebih bisa merencanakan masa depan dan menghindari kenakalan-kenakalan remaja yang dapat merusak masa depan,” harap Febi. Mahsunatul Riska /UNISSULA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.