Stok Menipis, PMI Kendal Kebut Cari Donor Darah

0
675
Hari pertama masuk kerja setelah libur Lebaran, Senin (11/7/2016), PMI Cabang Kendal langsung menggelar kregiatan donor darah. Kegiatan donor darah dilakukan di acara Halal bi Halal Pemkab Kendal dengan mengambil lokasi di teras Gedung A Setda Kendal.

Menurut petugas PMI Cabang Kendal, Muchlasin, stok darah di PMI Cabang Kendal saat ini telah menipis. Pasalnya, selama bulan Ramadan yang baru saja berlalu, hampir tidak ada kegiatan donor darah. “Stoknya tinggal 90 kantong untuk semua golongan darah, padahal stok normalnya paling tidak diatas seratus kantong,”katanya.

Muchlasin mengatakan, sebelum Puasa Ramadan, pihak PMI Cabang Kerndal telah menyetok sekitar 600 kantong darah. Stok yang lumayan banyak, karena untuk mengantisipasi supaya permintaan darah selalu tersedia. “Karena selama bulan Puasa jarang ada kegiatan donor darah, maka sebelum Puasa ya sudah menyetok cukup banyak,”ujarnya.

Acara Halal bi Halal Pemkab Kendal memang dihadiri ribuan pegawai dari semua SKPD, kecamatan dan kelurahan/desa di Kab Kendal. Tapi terlihat jarang ikut donor darah. Pihak PMI sendiri sudah menyiapkan lima bad tempat melakukan donor. Sebagian besar yang berdonor darah itu dari pegawai Satpol PP dan Linmas yang secara kebetulan teras kantornya digunakan untuk donor tempat darah.