Surat Suara untuk Pilkada Kendal siap Dilipat

0
603

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal rencananya mulai Rabu (18/11) sudah mulai melakukan pelipatan surat suara untuk Pilkada Kab Kendal 2015. Surat suara yang dicetak oleh PT Pura Barutama Kudus, selaku pemenang tender sudah sampai di KPU Kendal Selasa (17/11) siang dengan pengawalan oleh petugas polisi bersenjata.

Ketua KPU Kendal Wahidin Said mengatakan, jumlah surat suara sebanyak 778.492 plus 2.000 surat suara cadangan. Jumlahnya harus pas, tidak boleh lebih, sesuai jumlah DPT ditambah 2%-nya. “Jika ada kelebihan, maka harus dibakar dengan disaksikan oleh polisi dan panwaslu,”katanya.

Pelipatan surat suara dilakukan di KPU Kendal dengan melibatkan tenaga dari masyarakat sekitar. Selain melipat, sekaligus mengecek kondisi surat suara. Wahidin mengatakan, surat suara yang rusak akan dimintakan kepada rekanan untuk mencetak kembali sesuai jumlah surat suara yang rusak. “Tujuan pelipatan adalah untuk mengecek kondisi surat suara,”jelasnya

Wahidin mengatakan, waktu pelipatan dijadwalkan selama tiga hari, yaitu Rabu-Jumat. Sedangkan upah bagi tenaga pelipat masih dibicarakan. “Kemungkinan upahnya masih sama dengan Pilpres kemarin,”katanya. (Ab)