Tahun ini Fasilitas di Stadion Utama Kendal Diperbaiki

Tahun ini Fasilitas di Stadion Utama Kendal Diperbaiki

0
255

Swarakendal.com : Pemerintah Kabupaten Kendal mengalokasikan dana Rp 5 miliar untuk perbaikan fasilitas, sarana dan prasarana olahraga di Kabupaten Kendal tahun 2022. Salah satunya Stadion Utama Kendal yang dijadikan pusat semua kegiatan olahraga. Sedangkan GOR Bahurekso rencananya bakal dipindah dengan pembangunan GOR baru di sebelah Stadion Utama Kendal.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kendal, Achmad Ircham Chalid mengatakan, pengerjaan rehab Stadion Utama akan dilakukan pada tahun ini. Beberapa bagian yang diperbaiki, meliputi perbaikan tribun penonton, perbaikan sintetic track, saluran air penyiraman rumput lapangan dan pengadaan lampu penerangan lapangan. Semua sarana dan prasarana olahraga agar terpusat di komplek Stadion Utama Kendal. “Untuk perbaikan fasilitas olahraga tahun ini, totalnya hampir lima miliar rupiah, untuk perbaikan Stadion Utama, Stadion Madya dan lainnya,” katanya, Rabu (22/6/2022).

Ircham mengatakan, Pemkab Kendal juga berencana membangun GOR baru di kawasan Stadion Utama. Tahun ini mulai penyusunan master plan dan  Detail Engineering Design (DED), sedangkan pembangunannya direncanakan pada 2023. Jika GOR baru terbangun, kemungkinan GOR lama bakal dibongkar dan dialihfungsikan. “Yang GOR, tahun ini sudah mulai penyusunan master plan yang baru dan DED, Insya Allah mulai tahun 2023 sudah mulai pembangunan,” jelasnya.

Untuk Stadion Madya ada pemeliharaan fasilitas senilai Rp 250 juta. Tapi belum masuk dalam perbaikan lapangan.

Harapannya,  program pemenuhan dan perbaikan sarpras penunjang olahraga ini, bisa mendongkrak prestasi berbagai cabang olahraga Kendal. Atlet-atlet olahraga Kendal nantinya bisa semakin mudah dalam berlatih. “Target kami pada Porprov tahun ini bisa masuk 10 besar, dari sebelumnya berada di urutan 15 besar,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Kendal Dico M Ganinduto menyoroti berbagai fasilitas olahraga di Kabupaten Kendal yang terkesan kumuh dan kurang terawat. Termasuk berbagai sarpras di Stadion Utama Kendal dan GOR Sasana Krida Bahurekso Kendal. Oleh karena itu, Bupati Dico akan menggarap serius perbaikan dan peningkatan sarpras penunjang olahraga guna mendongkrak prestasi olahraga Kendal. “Fasilitas yang selama ini rusak akan diperbaiki dan yang belum ada akan dilengkapi, sehingga semua atlet punya kesempatan yang sama untuk bisa meningkatkan prestasinya,” harapnya.

Peningkatan prestasi atlet juga bagian dari peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkompeten. Yaitu SDM yang berdaya saing untuk memajukan pembangunan Kabupaten Kendal.