Taman Gajahmada Kendal banyak Dikunjungi Warga

0
4259
Kota Kendal bertambah satu taman kota lagi. Taman yang sudah jadi pada akhir 2015 diberi nama Taman Gajahmada, berada di belakang Kelurahan Karangsari Kendal. Taman ini dilengkapi dengan aneka permainan anak-anak, tempat duduk, gazebo, toilet dan fasilitas wifi. Tentu saja tanaman bunga dan pohon menjadi hiasan utama.

Keberadaan taman tersebut sangat dinikmati masyarakat. Terlihat banyak warga yang bermain-main, terutama anak-anak, bisa menikmati fasilitas permainan anak-anak, seperti ayunan. Para remaja juga merasa nyaman duduk-duduk sambil memanfaatkan wifi untuk mencari pengetahuan di internet. Namun banyak juga yang sekedar refreshing mencari udara segar, seperti Maulida, pelajar SMK 1 Kendal bersama teman-teman sekolah asyik berselfie ria di taman yang indah itu. “Tamannya bagus, lebih bagus dari taman-taman lain di Kendal,”ucapnya.

Para pedagang pun tidak ketinggalan ikut memanfaatkan keberadaan taman itu, terutama pada Minggu pagi, sudah mulai banyak pedagang yang ikut menggelar dagangan di sekitar taman, mulai dari makanan, minuman, dan barang-barang lain.
Kepala Dinas Ciptaru Kendal Noor Fauzi menjelaskan, Taman Gajahmada merupakan taman yang dibangun dari Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) kerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum melalui Direktorat Tata Ruang sejak 2012. “Program ini sudah ada 3 taman yang dibangun, yaitu taman di belakang stadion utama Kendal, taman di Perumahan RSS Kendal dan Taman Gajahmada,”katanya.

Pembangunan Taman Gajahmada didanai oleh pusat sebesar 4,5 miliar, sedangkan Pemkab Kendal hanya menyediakan lahan seluas 7.000 meter persegi. Fauzi menjelaskan, setelah penyerahan dilakukan oleh pusat, untuk pengelolaan, nantinya akan dimusyawarahkan terlebih dulu dengan pihak kelurahan. “Harapannya, taman yang sudah dilengkapi dengann wifi ini bisa dimanfaatkan sebaik-baikya dan dijaga bersama supaya tetap indah,”harapnya. (Ab)