Tari Massal Gema Sholawat Ramaikan Pembukaan Lomba Mapsi SD Tingkat Kabupaten Kendal

Lomba Mapsi SD se Kab Kendal 2017

0
1352

Tari massal Gema Sholawat yang diperagakan sekitar 600 anak sekolah dasar (SD) meramaikian Pembukaan Lomba Mata Pelajaran Agama dan Seni Islam (MAPCI) SD tingkat Kab Kendal yang digelar di Lapangan Brimob Plantaran Kaliwungu Selatan, Sabtu (21/10/2017). Semua anak mengenakan pakaian putih-putih dengan atribut pita merah yang diikatkan di kepala dan hasduk merah putih.

Lomba Mapsi ke-20 tingkat Kab Kendal dibuka dibuika oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Agus Rivai M.Pd. yang ditandai dengan pemukulan gong dan penyematan tanda peserta serta penyerahan piala bergilir. Kadisdik Agus kegiatan Mapsi ini dapat menjadi ajang silaturahmi semua guru, bukan hanya guru Pendidikan Agama Islam, sehingga dapat mempererat rasa persaudaraan dan kebersamaan untuk bersama-sama memajukan pendidikan di Kab Kendal. Tujuan utamanya adalah mendidik anak-anak yang berakhlakhulkarimah menjadi generasi yang berkarakter yang berguna bagi nusa dan bangsa. “Melalui pendidikan Agama Islam, maka akan menjadikan anak-anak yang sholeh dan sholehah,”katanya.

Kepala Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam SD Kab Kendal, Ahmad Shobirin didampingi Ketua Panitia Pelaksana, M Sahuri mengakatakan, lomba Mapsi ini digelar untuk mencari peserta-peserta yang terbaiki yang akan mewakili Kab Kendal pada Mapsi tingkat Provinsi Jawa tengah pada bulan November mendatang. “Targetnya bisa menjadi juara pertama pada Mapsi tingkat Provinsi Jateng. Jika pada Mapsi tahun lalu, Kendal hanya berada di peringkat empat besar, tentu untuk Mapsi tahun ini paling tidak bisa naik peringkat, paling tidak peringkat tiga,”harapnya.

Lomba digelar di tiga tempat, yaitu di kapangan, SMP Negeri 2 Kaliwungu dan SD Plantaran Kaliwungu. Lomba dibagi menjadi dua bidang, yaitu bidang mata pelajaran dan seni Islami. Untuk bidang lomba mata pelajaran ada 19 cabang, sedangkan bidang seni ada 20 cabang lomba. Cabang lomba yang digelar di antaranya cerdas-cermat, tilawatil Quran, rebana, kaligrafi, dan lainnya.