Tekan Harga Gula Pasir, PT IGN Lakukan Operasi Pasar Gula Pasir dengan Harga Rp. 12.500/Kg.

PT IGN Cepiring lakukan operasi pasar gula pasir di Kabupaten Kendal

0
506

PT Industri Gula Nusantara (IGN) Cepiring Kendal bersama Satgas Pangan Provinsi Jawa Tengah melakukan Operasi Pasar Gula Pasir. Pada Rabu (06/05/2020) operasi dilakukan di Aula Kecamatan Sukorejo dengan menjual gula Rp 12.500 per kilogram.

Operasi ini dilaksanakan dengan pengawasan dan tetap memperhatikan physical distancing. Warga yang hendak membeli gula pasir harus antri dengan jarak satu meter.  Warga yang antri gula pasir juga diwajibkan memakai masker.  Tiap warga hanya dibatasi pembeliannya dua kilogram saja.

 

Direktur PT IGN Cepiring Kendal, Burhan Murtaki  mengatakan,  pihak pabrik telah menyiapkan 30 ton gula pasir untuk memenuhi kebutuhan operasi pasar di 20 kecamatan di Kendal. Langkah ini dilakukan untuk menstabilkan harga jual gula pasir di pasaran. Setiap kecamatan dijatah 1,5 ton sehingga total gula pasir yang digelontorkan PT IGN sebanyak 30 ton. “Operasi pasar ini dilakukan untuk memutus rantai distribusi gula pasir, sehingga harga bisa ditekan hingga Rp 12.500 perkilogramnya,” katanya.

Operasi pasar ini dilakukan secara beruntun di Solo, Pasar Bintoro Demak, Temanggung dan Kabupaten Semarang.  Untuk di Kabupaten Kendal jumlah stok yang disebar untuk operasi pasar mencapai 30 ton dan dibagi ke 20 kecamatan.

Hingga kini operasi pasar yang sudah dilakukan bersama satgas pangan dan Dinas Perdagangan Propinsi Jawa Tengah lebih dari 20 ton.

Bupati Kendal Mirna Annisa berharap dengan operasi pasar ini, harga gula pasir bisa ditekan dan tidak lagi tinggi. Palam pemantaua di Pasar Weleri, harga gula pasir masih tinggi, dengan harga Rp 17 ribu perkilogram.  “Dengan operasi pasar ini bisa lebih murah lagi,” ujarnya.

Menurut seorang padagang di Pasar Weleri, Sri Maesaroh,  bahwa harga gula pasir sudah mulai turun, yaitu Rp.16.500 hingga Rp 17.000 perkilogramnya. Ada juga gula pasir dengan harga Rp 13.000 per kilogram, namun tidak diminati pembeli.  “Harga gula pasir sudah mulai turun. Kalau yang bagus dijual Rp 17.000 perkilogram, sedangkan yang kualitas biasa Rp 13.000 perkilogramnya, tapi tidak ada peminatnya, jadi saya tidak menjual,” kata Sri Maesaroh.