Tiga Rumah Di Desa Limbangan Terkena Longsor

0
1789

Tiga rumah warga di Desa Limbangan Kec Limbangan Kabupaten Kendal Senin (16/1/2017) sore sekitar pk 17.00 WIB terkena longsor. Dua rumah di RT 1 RW 4, yaitu rumah milik Suntoro yang separuh rumahnya dengan panjang 20 meter, tinggi 4 meter rusak parah. Kerugia diperkirakan sekitar 150 juta. Sedangkan rumah milik Eko Pujo sebagian terkena longsor dengan panjang 15 meter dan tinggi 4 meter, dengan kerugian diperkirakan sekitar 10 juta.

Satu lagi rumah di  dusun Banyuwindu Rt 01 Rw 09 juga terkena longsor. Rumah milik Warsi yang berada di bukit setinggi 4 meter itu bagian belakang rumah menggantung dan terancam roboh. Untuk kerugian masih dalam penafsiran. Pemilik rumah diungsikan  di rumah anaknya yang berjarak tidak jauh dari lokasi rumahnya.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kendal, Saeful Huda mengatakan, berdasarkan laporan dari Satgas Tagana, longsor terjadi karena hujan deras mulai pk 12.30 siang hingga petang hari.  Satgas Penanggulangan Bencana BPBD Kendal Senin malamnya sekitar pukul 19.30 telah meninjau lokasi, sekaligus menyerahkan bantuan logistik. “Malamnya, petugas langsung cek lokasi dan memberikan bantuan natura atau sembako,”katanya.

Di tempat lain pada waktu yang sama yaitu jembatan di Dusun Slento Desa Kaliputih Kec Singorojo putus akibat debit air sungai yang meningkat dan kondisi jembatan yang telah lapuk. Saeful Huda mengatakan, rencananya Rabu (18/1/2017) SAR Bahurekso BPBD Kendal akan melakukan kerja bakti bersama warga dan kecamatan agar jembatan bisa dilalui untuk sementara. “Untuk pembangunan permanen jembatan tersebut akan dilakukan di tahun 2017 ini oleh PSDA Provinsi Jateng,”katanya.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Kendal Sigit Sulistyo meminta kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap kondisi cuaca yg saat ini masih sering hujan. Terutama warga yang berada di wilayah atas dan warga yang tinggal di tepi sungai. Pasalnya berdasarkan keterangan dari BMKG Provinsi, bahwa hujan masih sering turun dingga awal Februari nanti. “Pihak BPBD sendiri selalu siap dengan melakukan koordinasi kepada petugas-petugas di semua kecamatan, juga sudah  siap dengan stok logistik,”katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.