Tim BPK RI Periksa semua Aset Daerah Pemkab Kendal

BPK periksa aset daerah Pemkab Kendal 2017

0
1187

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI saat ini sedang melaksanakan tugas pemeriksaan keuangan dan aset Pemkab Kendal. Diperkirakan Tim BPK melakukan pemeriksaan di Pemkab Kendal sekitar satu bulan, mulai 7 April sampai 10 Mei mendatang.

Kepala Bidang Pengelolaan Aset Daerah pada Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Pemkab Kendal, Aris Irwanto mengatakan, selama sebulan BPK akan melakukan pemeriksaan seluruh aset daerah di semua OPD Pemkab Kendal. Untuk itu, selama sebulan ini Kepala OPD harus berada di Kendal dan tidak boleh melakukan tugas luar, karena pemeriksaan terhadap OPD bisa sewaktu-waktu dilakukan. “Waktu pemeriksaan kadang bisa sampai malam hari,”kata Aris Kamis (13/4/2017) di kantornya.

Terkait dengan harapan untuk bisa merah opini Wajat Tanpa Pengecualian (WTP), Aris mengatakan, semua OPD harus mencatat seluruh aset daerah, baik aset berwujud, seperti aset tanah dan peralatan kantor maupun aset tidak berwujud seperti jaringan internet. Untuk itu semua barang yang merupakan aset daerah harus memiliki Kartu Indentinas Registrasi (KIR). Tujuannya agar semua barang atau aset daerah tercatat, sehingga tidak disalahgunakan oleh pihak lain. “Kendala saat ini adalah masih banyak yang belum tercatat dan belum memiliki KIR,”kata Aris.

Aris menambahkan, pemeriksaan aset daerah juga akan dilakukan ke sekolah-sekolah dan desa-desa. Pasalnya, di desa-desa dan sekolah-sekolah juga banyak barang-barang inventerasi yang merupakan aset daerah, sehingga harus dicatat. Untuk itu pihaknya mengundang seluruh desa dan sekolah negeri untuk diberi pengarahan terkait administrasi dan pencatatan aset daerah. “Pada kades dan kepala sekolah bersama pegawai bagian administrasi diberi pengarahan supaya tertib adminsitrasi,”katanya.