TP PKK Kendal Gerakan Minum Pil Tambah Darah Serentak di Sekolah

TP PKK Kendal Gerakan Minum Pil Tambah Darah Serentak di Sekolah

0
258

Swarakendal.com : Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal bersama Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kendal melakukan Gerakan Serentak Minum Pil Tambah Darah di seluruh sekolah di Kabupaten Kendal, Jumat (11/3/2022). Kegiatan dipusatkan di SMPN 1 Cepiring yang dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal dan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal.


Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, Chacha Frederica mengatakan, bahwa pemberian pil tambah darah sebenarnya sudah rutin kepada pelajar putri melalui puskesmas. Namun faktanya banyak yang tidak diminum, padahal pil tambah darah ini sangat penting untuk kesehatan, khususnya bagi pelajar putri yang sudah mengalami menstruasi. “Saya tidak ingin anggaran yang besar untuk membantu pemberian pil tambah ini sia-sia, karena banyak yang tidak diminum,” ujarnya.


Chacha Frederica mengatakan, gerakan minum pil tambah darah digelar, sekaligus memberikan edukasi kepada seluruh pelajar agar benar-benar mengetahui manfaat dan pentingnya minum pil tambah darah. Pelajar juga harus tahu makanan sehat yang harus dikonsumsi untuk pertumbuhan dan kecerdasan, guna mencegah stunting. “Gerakan ini tidak sekedar ceremonial, tetapi harus bisa memberikan edukasi supaya anak-anak ini benar-benar mengerti tentang pil tambah darah ini, tahu manfaat dan pentingnya minum pil tambah darah, juga tahu kandungan makanan yang harus dikonsumsi setiap hari, sehingga menjadi sehat,” katanya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Parno mengatakan, pemberian  pil tambah darah yang sudah rutin ini akan dipantau, supaya benar-benar memberi manfaat, sehingga akan dilakukan evaluasi tiap triwulan. Tujuannya supaya anak-anak menjadi sehat dan mencegah stunting, sehingga menjadi generasi yang sehat dan cerdas. “Agar pemberian pil tambah darah ini benar-benar memberi manfaat, maka kami akan melakukan evaluasi, baik triwulan pertama, triwulan kedua dan seterusnya,” ujarnya.


Kepala SMPN 1 Cepiring, Zubaidi mengaku, pemberian pil tambah darah ini sudah dilakukan secara rutin oleh puskesmas setempat. Pihaknya akan melakukan gerakan secara serentak di sekolah, supaya anak-anak menjadi sehat dan memutus tali rantai terjadinya stunting atau pertumbuhan yang tidak normal. “Pemberian pil tambah darah ini khusus untuk pelajar putri sudah rutin diberikan oleh puskesmas, maka nanti minumnya akan dilakukan secara bersamaan-sama,” katanya.