TP PKK Kendal siap Bantu BNN Berantas Narkoba

TP PKK Kendal siap Bantu BNN Berantas Narkoba

0
114

Swarakendal.com : Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kendal menggandeng Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal dalam pemberantasan penyalahgunaan narkoba. Kerjasama ini ditandai dengan Penandatanganan MoU antara BNNK Kendal dengan TP PKK Kendal pada acara Peringatan Hari Antinarkotika Internasional di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Senin (27/6/2022).

Kepala BNNK Kendal, Anna Setiyawati mengatakan, tugas pemberantasan penyalahgunaan narkoba bukan hanya tanggung jawab BNN, tetapi harus didukung oleh semua pihak, baik jajaran pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat harus bergerak bersama. Untuk itu BNNK Kendal menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah, dengan sekolah, pondok pesantren dan pihak lainnya dalam pemberantasan narkoba. “Kerjasama BNNK Kendal ini di antaranya program Desa Bersinar, sekolah bebas narkoba, pondok pesantren bebas narkoba dan lainnya,” jelasnya.

Dikatakan, kerjasama dengan TP PKK lebih fokus dalam menguatkan pertahanan keluarga, supaya tidak ada anggota keluarga yang terjerumus dalam narkoba. Dalam penguatan pertahanan keluarga, maka sosialisasinya akan dilakukan melalui PKK tingkat kecamatan hingga PKK tingkat desa. Kerjasama dengan PKK juga bersinergi dengan program Desa Bersinar yang bergerak melalui PKK di desa. “Kita kuatkan pertahanan keluarga, kami akan masuk ke desa-desa yang akan ditindaklanjuti dengan PKK tingkat kecamatan dan PKK tingkat desa, karena kami bersinergi juga dengan program Desa Bersinar yang kami bergerak melalui PKK yang ada di desa,” tandasnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Kendal, Chacha Frederica mengatakan, bahwa sosialisasi melalui PKK mampu menggerakkan sampai tingkat desa, karena PKK ada struktur yang terarah hingga tingkat desa. TP PKK juga akan bekerja sama dengan TNI dan kepolisian, sebagai pihak yang mengetahui karakter pergaulan di lingkungan anak-anak remaja. Terjadinya penyalahgunaan narkoba kebanyakan karena faktor lingkungan yang bisa mempengaruhi psikologi anak, sehingga pendekatannya secara parenting. Maka orang tua harus memahami tentang pendidikan parenting. “Pendidikan parenting ini penting, supaya orang tua bisa dekat dengan anak dengan berbagai karakter, karena kedekatan orang tua dengan anak ini bisa menekan angka penyalahgunaan narkoba,” jelasnya.