TP PKK Kendal Undang Chef Michele Bikin Kue Berbahan Lokal

TP PKK Kendal Undang Chef Michele Bikin Kue Berbahan Lokal

0
234

Swarakendal.com : Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal mengadakan Cooking Class yang menghadirkan Michele Soeryajaya dari Semarang, Chef lulusan dari kampus terbaik di Sydney Australia. Materinya tentang pembuatan cake berbahan baku kearifan lokal. Pesertanya adalah para pelaku UMKM dan pelajar SMK di Kabupaten Kendal. 

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, Chacha Frederica mengatakan, bahwa Kendal sebagai daerah penghasil jagung dan singkong, maka harus diolah menjadi makanan atau kue yang berkelas. Dengan mengundang Chef  terbaik ini diharapkan para pelaku UMKM dan lulusan SMK bisa belajar, terutama tentang teknik atau cara membuat kue, sehingga bisa menghasilkan kue yang berkelas. 

“Sebenarnya yang dikembangkan adalah teknik cara bikin kuenya. Jadi, saya pengin ilmunya itu bisa ditransfer untuk teman-teman yang ada di Kendal, sehingga bisa membuat kue yang tidak seperti biasanya, tetapi yang berkelas,” harapnya.

Chacha berharap, produk UMKM Kendal bisa menjadi pilihan untuk parcel lebaran nanti. Hal berdasarkan pengalaman pada lebaran lalu yang ternyata produk UMKM Kendal belum menjadi pilihan untuk parcel lebaran. “PKK ingin punya satu produk parcel yang bagus dan cantik yang isinya adalah dari pelaku-pelaku UMKM Kendal yang sudah dilatih,” katanya.

Sementara itu Michele mengatakan, bahwa produk lokal, seperti jagung dan singkong bisa dijadikan tepung untuk bahan dasar membuat berbagai macam kue, seperti kue tart, bolu dan lainnya. Untuk rasa tidak ada masalah, karena tergantung selera. Hanya saja, tampilannya bisa dibuat yang menarik. “Supaya orang-orang bisa belajar membuat cake ini bisa dikembangkan lagi buat jualan, dan kita juga sudah coba pakai tepung singkong,” katanya.

Pelatihan digelar selama dua hari, yakni Senin dan Selasa, tanggal 27 dan 28 Desember 2021. Kegiatan ini bekerja sama dengan Baznas Kendal. Dengan adanya pelatihan ini, maka akan mengangkat pelaku UMKM Kendal yang bisa bersaing dengan produk unggulan yang tidak kalah dengan produk yang dijual di mal atau supermarket.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.