Murid SMP IT Robbani Kendal Belajar Wirausaha

SMP IT Robbani Kendal gelar Seminar Kewirausahaan

0
1527

SMP IT Robbani Kendal mengadakan Seminar Wirausaha pada Kamis 30 Agustus 2018 di sekolah. Seminar dengan tema “Jago Jualan di Usia Muda” ini diikuti seluruh siswa, mulai kelas 7 sampai kelas 9. Seminar menghadirkan Olin Biojati, pakar Internet Marketing yang menyampaikan tentang berjualan secara online melalui media sosial seperti facebook.

Kepala SMP IT Robbani Kendal, Ahmad Saefudin mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan wawasan kepada para siwa supaya berani berjualan sejak usia muda.  Harapannya agar para siswa bisa menjadi anak yang mandiri dan kreatif, misalnya berani berjualan, baik secara online maupun offline. Namun perlu juga ada pendampingan dari orang tua. Pihak sekolah pun sudah berkomunikasi dengan orang tua wali murid. “Pendampingan ini supaya anak semangat dan bisa berjualan dengan benar, tidak tertipu dan lainnya,”katanya.

Kepala Sekolah Ahmad Saefudin mengatakan, di SMP IT Robbani ada mata pelajaran wajib tentang kewirausahaan. Pelajaran Kewirausahaan ini penting, karena tidak selamanya menjadi pegawai di masa datang nanti. Pada pelajaran ini, siswa tidak hanya diberi materi yang bersifat teori, tapi juga ada praktek berjualan. “Pelajaran kewirausahaan ini untuk membuka wawasan, bahwa yang namanya bekerja itu tidak harus menjadi pegawai, tapi bisa membuka wirausaha yang justru membuka lapangan pekerjaan,”jelasnya.

Menurutnya, tugas guru atau pendidik itu tidak hanya memberi pelajara ilmu pengetahuan, tapi para guru mau menggali potensi siswa, seperti potensi bidang wirausaha, olahraga dan potensi lainnya. Pasalnya, tidak semua anak berani menunjukkan potensi atau bakatnya, sehingga harus didorong dan difasilitasi supaya potensinya bisa berkembang. “Peran guru dan orang tua itu membantu supaya potensi anak bisa berkembang,”ujarnya.

Ada yang menarik dari kegiatan seminar ini, yaitu tampilnya seorang siswa bernama Fikri Maulana yang menceritakan tentang pengalamannya berjualan secara online maupun berjualan langsung.  Fikri adalah salah satu siswa yang selama ini memanfaatkan waktu luangnya untuk berjualan secara online dan offlig. Berkat jualan, Fikri bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan. “Fikri menjadi pemateri untuk menceritakan pengalamannya berjualan tanpa mengganggu sekolahnya. Selain itu untuk melatih mental kepada teman-teman lainnya untuk berani tampil di depan umum,”pungkasnya.