Harapkan Pemilih Cerdas Lewat Lomba Pidato

0
1404

Semangat dan antusias para pelajar terlihat saat  Lomba Pidato tentang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kendal Tahun 2015. Lomba yang digelar di Aula KPU Kendal selasa (10/11) diikuti 62 pelajar SMA dan SMK se Kabupaten Kendal. Masing-masing peserta dengan gayanya masing-masing menyampaikan pidato dengan tema Pemilih Cerdas Tentukan Pemimpin yang Berkualitas di hadapan dewan juri dan penonton yang sebagian besar para pelajar dan guru. Ada yang berapi-api seperti orator, ada yang bergaya seperti penceramah, ada yang diselingi rangkaian kata-kata puitis, bahkan ada yang diselingi nyanyian.

Seperti Nadila Putri, peserta dari SMK Negeri 2 Kendal, cukup lantang membawakkan pidatonya. Bayak pesan yang disampaikan lewat pidato, seperti menjadi pemilih yang cerdas, kriteria pemimpin yang berkualitas, termasuk pengawasan terhadap pelaksanaan pilkada supaya berjalan demokratis, bahkan kritikan terhadap KPU sendiri selaku penyelenggara pemilu. Terkait dengan pelaksanaan pilkada, Nadila, walaupun belum bisa meimilih karena belum cukup umur, berharap kepada masyarakat agar ikut aktif mengawasinya. “Pemerintah sudah mengeluarkan dana yang cukup besar, maka sebaiknya masyarakat ikut mengawasinya, terutama jangan sampai ada money politik,”harapnya.

Menurut anggota KPU Kendal Divisi Sosialisasi Hevy Indah Oktaria, lomba pidato diadakan untuk memberikan pendidikan politik kepada pelajar, sekaligus sosialisasi Pilkada Kendal yang akan berlangsung 9 Desember nanti. Hevy berharap dengan adanya lomba ini, pelajar yang sebagian sudah menjadi pemilih pemula akan menjadi pemilih yang cerdas, yaitu tidak golput, tidak money politik, dan mengetahui serta mencari tahu tentang semua calon, sehingga bisa menentukan pilihannya yang dinilai paling baik. “Kepada semua peserta diharapkan ikut aktif memberitahukan kepada teman di sekolah dan masyarakat di sekitarnya,”harapnya. (Ab)