NU Kendal Dibawa Ke Politik, Forum Peduli NU Lapor Ke PBNU

0
408

Forum Peduli Nahdlatul Ulama (NU) Kendal yang beranggotakan fungsionaris dan MWC NU se Kabupaten Kendal Kamis (11/11) malam menuju Jakarta untuk menemui PBNU Pusat. Koordinator Forum Peduli NU Ali Rozikin mengatakan, tujuannya akan menemui Ketua PBNU KH Said Aqil Siraj untuk menyampaikan permasalahan terkait dengan Ormas NU Kendal yang dibawa ke politik praktis. “Adanya kontrak politik NU dengan salah satu calon ini menunjukkan kalau NU dibawa ke politik praktis,”katanya.

Sebelumnya, Ali Rozikin bersama fungsionaris NU lainnya telah menemui Ketua Tanfidziyah PWNU Jateng H Abu Hafsin untuk menunjukkan  bukti-bukti surat kontrak politik tersebut. Menurut Ali, Abu Hafsin menilai tindakan kontrak politik tersebut melanggar khittoh NU yang melarang NU berpolitik praktis.

Ali yang Wakil Ketua LPBH NU Kendal bersama anggota Forum juga telah meminta klarifikasi atau tabayyun dengan  Rois KH Izzuddin Abdussalam dan Katib KH Abdul Majid yang ikut menandatangani surat pemberitahuan terkait kontrak politik yang disebar ke semua PAC dan organisasi di bawah NU. Ali menjelaskan, ternyata KH Izzuddin tidak tahu jika yang ditandatangani itu surat pemberitahuan. Sebab sewaktu diminntai tandatangan, dikira salinan surat di atasnya yang tidak ada hubungannya dengan kontrak politik.

Untuk itu Forum Peduli NU Kendal akan meminta kepada PBNU, supaya membekukan PCNU Kendal dan segera menggelar Musyawarah Luar Biasa untuk mengadakan pemilihan ketua PCNU baru. “Kalau bisa secepatnya, sebelum Pilkada sudah diadakan pemilihan ketua baru,”kata Ali. (Ab)