Sapma Pemuda Pancasila Gelar BMX Supercross Open Tingkat Jawa

0
528

Rider atau atlet sepeda BMX nasional dan Asia ikut meramaikan BMX Supercross Open 2015 di Sirkuit BMX Bahurekso di kawasan Stadion Utama Kendal Minggu (22/11). Yaitu Khoiful Mukib atlet PON Jateng asal Jepara Jepara di kelas Dunhill dan Nurwasito, peringkat 4 kelas junior Asia asal Blitar.

Event BMX Supercross yang digelar oleh Sapma Pemuda Pancasila dalam memperingati HUT Pemuda Pancasila ke-56 diikuti sekitar 180 peserta se Jawa, kategori putra dan putri. Di antaranya dari Malang, Sumedang, Blitar, Purwokerto, Temanggung, Jogja, Kendal dan Jepara. Mempertandingkan kelas Pra Peewee 4 tahun, Peewee A 6 tahun, Peewee B 8 tahun, Peewee C 10 tahun, Youth A 12 tahun, Youth B 14 tahun, Youth C 16 tahun, dan Man Open 18 tahun. Juga mempertandingkan MTB Open untuk usia 30 tahun.

Ketua panitia Heri Wasito didampingi sekretaris Anjar GM mengatakan, tujuan digelarnya event ini untuk mencari bibit-bibit atlet sepeda BMX Kendal yang saat ini mulai bangkit kembali. Juga untuk menggairahkan dunia olahraga di Kabupaten Kendal. “Selain olahraga, juga sebagai wisata keluarga, karena orang tuaselalu terlibat dalam olahraga sepeda ini,”katanya.

Prestasi anak-anak Kendal pada olahraga sepeda ini cukup lumayan dan semakin meningkat. Menurut Nurfaif Abas, selaku penggiat olahraga BMX di Kendal, sementara ini di kelas Peewee B sudah menguasai Jateng-DIY dan nasional atau selalu naik podium. Sedangkan  untuk kelas remaja sudah masuk 10 besar di tingkat Jateng-DIY. Hanya di kelas master yang belum bisa mengejar prestasi dari daerah lain. “Jadi, sekarang lebih mengutamakan pada pembinaan atlet-atlet anak-anak dan remaja,”jelasnya.

Melihat event yang cukup meriah ini, Asisten Pemerintahan Pemkab Kendal, Winarno sangat memberikan apresiasi kepada anak-anak muda dari Pemuda Pancasila sebagai peneyelenggara. Adanya kegiatan ini menunjukkan bahwa anak-anak muda mampu menunjukkan aksi positif. Tidak semua remaja suka melakukan hal-hal negatif, seperti tawuran, tetapi bisa menunjukkan prestasinya dengan mengadakan kegiatan yang positif. Winarno berharap untuk ke depan bisa mengadakan event yang lebih besar lagi. “Ke depan bisa menyelenggarakan tingkat Jawa-Bali,”harapnya.

Aspem Winarno yang hadir mewakili Penjabat Bupati Kendal Kunto Nugroho berharap dunia olahraga di Kabupaten Kendal akan semakin maju. Bukan hanya olahraga sepeda BMX, tetapi semua cabang olahraga lainnya. Terkain dengan fasilitas olahraga sepeda BMX, terutama arena sirkuitnya akan terus diperbaiki. (AB)