Angin Puting Beliung Rusak 23 Rumah di Desa Merbuh Singorojo

0
648

Kejadian angin puting beliung Selasa (05/01/2016)  petang melanda di Dukuh Jurangbrengos Desa Merbuh Kec Singorojo. Kejadian yang menimpa kawasan di RT 1-4 RW 5 tersebut mengakibatkan 8 rumah rusak berat  dan 16 rumah rusak ringan. Semua rumah yang rusak berat akibat terkena pohon tumbang. Yaitu rumah milik Sukinah 70th, Sugiarto 45th, Rakidi 37th, Sudrajat 70th, Suparyani 58th, Kuncoro 50th, Daryono 37th, dan Surip.

Menurut penuturan Sukinah, saat kejadian dirinya sedang berada di dalam rumah, tiba-tiba pohon sukun yang berada di depa rumah roboh saat hujan disertai angin yang cukup besar. Beruntung, Sukinah tidak berada di bagian rumah yang tepat terkena batang pohon yang menimpa rumahnya.

Namu untuk keluar rumah, Sukinah yang tinggal seorang diri harus merangkak melewati reruntuhan. “Saya tidak apa-apa, saya ditolong tetangga untuk keluar rumah,”ceritanya.

Kepala Desa Merbuh Fajar Aji Triwiyanto mengatakan, warga yang rumahnya rusak segera mendapat pertolongan masyarakat setempat. Setelah melaporkan ke pihak terkait, banyak pihak yang ikut membantu, seperti dari relawan Boja, TNI/ Polri, dan SAR Bahurekso BPBD Kendal. Warga yang rumahnya rusak berat, sementara tinggal di rumah tetangga atau rumah saudaranya yang terdekat. “Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka,”katanya.

Bantuan darurat juga sudah datang, seperti sembako dan peralatan dapur, baik dari masyarakat maupun dari Pemkab Kendal melalui Dinas Sosial dan BPBD Kendal. (Ab)