Kendal sudah Memiliki Hutan Kota Lho!

0
384

Kendal Kota akhirnya bisa memiliki Hutan Kota. Rencana yang sudah bertahun-tahun itu, baru terwujud mulai tahun 2015 kemarin. Memang belum kelihatan seperti hutan, karena baru ditanami beberapa pohon. Diharapkan keberadaan Hutan Kota tersebut, mampu membuat kawasan Kendal menjadi lebih sejuk dan bisa mengurangi bahaya Global Warming (Pemanasan Global).

Lokasi hutan kota tersebut berada di sebelah utara Rusunawa, berdampingan dengan SMP Negeri 1 Kendal Kendal. Saat ini, sejumlah pepohonan telah ditanam di lokasi yang memiliki luas 0,5 hektar.
Kepala Dinas Ciptakarya dan Tata Ruang (Ciptaru), Ir M Noor Fauzi MT, mengatakan, awalnya ada tujuh lokasi yang telah disurvai dan menjadi studi kelayakan untuk digunakan sebagai Hutan Kota di Kendal ini. Dari tujuh lokasi tersebut, akhirnya dipilih lokasi yang berada di sebelah Rusunawa, Kelurahan Kebondalem. Menurut Fauzi, rencananya Hutan Kota tersebut akan ditanami berbagai jenis pepohonan yang tinggi besar dan berumur panjang. Saat ini, proses penanaman pohon telah dilakukan di beberapa titik. Diharapkan nantinya pohon-pohon tersebut mampu membuat kawasan sekitar benar-benar menjadi asri dan sejuk. “Rencananya juga akan ditanami jenis pohon langka, seperti Pohon Kendal,”katanya.
Dengan adanya Hutan Kota itu akan memberikan nuansa keasrian dan kesejukan bagi lokasi sekitar. Selain itu, juga digunakan sebagai penelitian studi, sehingga nantinya dapat memberikan manfaat lain, selain sebagai Hutan Kota.

Selain Hutan Kota, Kendal memang tengah berusaha untuk menambah kehijauan wilayahnya, yaitu dengan membuat ruang terbuka hijau (RTH). Tercatat, setidaknya telah ada tiga RTH di Kendal, yaitu Taman Kalireyeng di Kebondalem, Taman di Perumahan RSS Kendal, dan Taman Gajah Mada yang berada di Kelurahan Karangsari. Dengan adanya Hutan Kota, diharakan, Kendal bisa meraih penghargaan Adipura. (Ab)