SMP IT Robbani Kendal Bagi-bagi Snack untuk Peserta Ujian

1
536
Selama 4 hari, Senin-Kamis (9-12/5/2016), pelajar SLTP melaksanakan ujian nasional (UN). Selama ujian, pihak sekolah biasanya memperlakukan khusus bagi murid-muridnya yang menjalankan ujian nasional. Tujuannya agar anak-anak bisa merasa senang dan nyaman dalam melaksanakan ujian nasional.

Seperti di SMP IT Robbani Kendal, selama ujian anak-anak diberi snack setelah selesai mengerjakan soal-soal ujian. Snack dibagikan di aula sekolah dan dimakan bersama-sama. Kepala SMP IT Robbani Ahmad Saefudin mengatakan, pemberian snack kepada anak-anak usai mengerjakan soal ujian agar anak-anak fresh kembali. “Biar pikirannya rileks kembali setelah mengerjakan soal-soal,”katanya.

Usai mengerjakan ujian, anak-anak juga dikumpulkan di aula untuk dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan yang baru saja dilakukan. Anak-anak diberi kesempatan untuk menyampaikan hal-hal yang dirasakan ketika mengerjakan ujian.. “Mungkin ada keluhan atau kesulitan ketika mengerjakan ujian, supaya ujian besoknya bisa berjalan lebih baik lagi,”ujarnya.
Ahmad Saefudin mengatakan, dalam pelaksanaan ujian, anak-anak tidak diperkenankan keluar ruangan sebelum waktu ujian habis, walau sudah selesai mengerjakan soal ujian sebelum batas waktunya habis. Hal ini dilakukan supaya anak-anak lainnya yang belum selesai mengerjakan soal, tidak merasa terganggu atau merasa grogi karena terpengaruh temannya yang keluar ruangan. “Walaupun sudah selesai, tidak diperbolehkan keluar lebih dulu supaya tidak mempengaruhi teman lainnya. Juga memanfaatkan waktu yang tersisa untuk mengoreksi kembali,”pungkasnya.

Anak-anak merasa senang diberi snack setelah selesai ujian. Seperti Kharisa Putri, merasa senang diberi snack, setelah pikirannya konsentrasi penuh mengerjakan soal-soal ujian. “Ya senang diberi snack, untuk menyegarkan pikiran kembali,”katanya.