Festival Gebyuk Desa Laban Dorong UMKM Berkembang

0
551

Seratusan warga mengikuti Festival Tradisi Gebyuk yang digelar di Sungai Sibulan Dukuh Sebeo Desa Laban Kecamatan Kangkung Kendal Minggu (15/5/2016). Gebyuk atau menangkap ikan dengan alat susug bambu mirip sheatle cock besar yang berlunag.

Menurut seorang warga, Ismun, gebyuk sering dilakukan oleh warga dikala tidak ada pekerjaan di sawah. Biasanya pada musim kemarau atau pada saat sungai dalam kondisi surut karena ikan akan mudah ditangkap. “Cuma pekerjaan sambilan. Sekali turun paling dapat satu atau dua kilo untuk dimakan sendiri atau dijual ke tetangga,”katanya.

Cara menangkap ikan yang unik dan tradisional ini oleh pihak Desa Laban dijadikan kegiatan festival. Kepala Desa Laban, Ulil Amri mengatakan, Festival Gebyuk ini dilakukan untuk memperkenalkan potensi Pantai Karangmalang yang selama ini belum dikenal. Diharapkan, dengan dibukanya wisata pantai, maka akan mengangkat potensi lainnya, seperti ketela kisik, semangka, sukun dan lainnya. “Ini juga sebagai upaya untuk menggerakkan UMKM yang mulai bersemangat,”harapnya.

Demikian pula Camat Kangkung, berharap acara yang digelar bersama Forum UMKM Kendal ini, walaupun hanya setahun sekali, akan membangkitkan warga untuk mengxplorasi potensi laut di Desa Karangmalang dan Jungsemi Kangkung, termasuk Desa Laban dan sekitarnya. “Kami berharap dinas terkait, seperti Dinas Koperasi dan UMKM akan membina sekaligus mempromosikan produk-pruduk UMKM di sini. Ada ketela kisik yang dibuat bronis, bolu, dawet, bolu, dan olahan lainnya,”ujarnya.

Bupati Kendal dr Mirna Annisa saat membuka Festival Gebyuk ini merasa bangga dengan masyarakat Desa Laban yang telah melestarikan tradisi gebyuk. Apalagi tradisi ini bisa mempersatukan antar warga. Bupati Mirna berharap dengan menggali potensi yang dimiliki, maka akan menjadi desa mandiri. “Semoga ini menjadi awal mula untuk perubahan yang luar biasa,”harapnya.

Festival Gebyuk kali ini cukup luar biasa. Selain dihadiri Bupati Kendal, juga dihadiri Ketua DPRD Kendal, dan para pejabat Pemkab Kendal. Acara juga meriah dengan adanya hiburan musik organ tunggal, drumb band anak-anak TK, dan bazar UMKM.