Pawai Kafilah Ramaikan Pembukaan MTQ dan STQ Kabupaten Kendal

0
456

Pawai karnaval dari kafilah masing-masing kecamatan ikut memeriahkan pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Pelajar ke-31 dan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat umum ke-27 tingkat Kab Kendal yang digelar di Alun-alun Kendal Selasa (24/5/2016). Usai memuka acara ini dengan pelepasan rangkaian balon, Bupati Kendal dr Mirna Annisa beserta anggota Forkompimda, para pejabat ikut menyaksikan pawai dengan berbagai tampilan dari 20 kafilah wakil tiap-tiap kecamatan.

Sekda Kendal Bambang Dwiono selaku Ketua Panitia mengatakan, kegiatan MTQ dan STQ yang diadakan tiap tahun bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan, menjalin ukhuwah dan silaturahmi, serta meningkatkan prestasi bidang Al Quran. Menurut Sekda Bambang, melalui media kegiatan ini, anak-anak dibekali ilmu Qurani yang sangat bermanfaat, supaya bisa membentengi dan mencegah dari unsur-unsur negatif, seperti narkoba dan kemaksiatan lainnya. “Menyiapkan anak-anak dengan bekal ilmu yang manfaat supaya menjadi Kendal yang Qurani,”katanya.

Sekda Bambang mengatakan, untuk MTQ Pelajar, yang dilombakan yaitu cabang tilawah dan tartil untuk tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA putra putri, cabang tahfidz dan tilawah satu juz dan lima juz. Sedangkan STQ terdiri dari cabang tilawah dewasa dan anak-anak, cabang tahfidz dan tilawah 1 juz, 5 juz dan 10 juz, serta cabang tahfidz 20 dan 30 juz.

Lomba digelar di beberapa tempat, yaitu Pendopo Kabupaten Kendal, Aula Gedung C Setda Kendal, Gedung Wanita, Gedung PKK, Aula Kantor Kecamatan Kendal, Aula Ciptaru dan Aula Kemenag Kendal.

Bupati Kendal dr Mirna Annisa berharap, kegiatan ini bisa menjadi media dan syiar agama yang efektif untuk membangun generasi muda yang berakhlak mulia. Kepada para tokoh agama agar memberikan pemahaman yang teduh. “Saya harap kegiatan ini akan membawa manfaat dan maslahat untuk kehidupan,”harapnya.