Serunya, Lomba Agustusan Calon TKW

0
368
Lomba-lomba Agustusan biasanya diadakan di RT/RW atau sekolah, namun yang ini sebuah perusahaan jasa tenaga kerja Indonesia (PJTKI) yang mengadakan lomba Agustusan. Karena PJTKI itu khusus perempuan, maka semua peserta lomba adalah perempuan yang nota bene calon TKW. Yaitu PT Maharani Tri Utama Mandiri di Lanji Patebon yang menggelar lomba Agustusan Sabtu (20/8/2016).

Menurut Penanggung Jawab PJTKI itu, Kasto, kegiatan lomba Agustusan rutin diadakan tiap tahun. Bahkan bukan hanya momen Hari kemerdekaan RI, tetapi pada Hari Jadi Kabupaten Kendal juga mengadakan aneka macam lomba. Di antaranya balap karung, pecah balon, make up, dan makan kerupuk. “Biar ramai, sekalian untuk menghilangkan kejenuhan, supaya para calon TKW berada di penampungan tetap semangat,”katanya.

Ada sekitar 50 calon TKW yang berada di penampungan tersebut. Semuanya diharuskan mengikuti lomba. Jenis lombanya sengaja yang bikin seru suasana, sehingga tidak terkesan mencari kemenangan. “Lomba-lomba ini bukan untuk mencari menang, tapi yang penting senang,”ujarnya.

Seperti Narti, yang merasa senang dengan adanya kegiatan lomba Agustusan. Menurutnya, hidup di penampungan walau banyak teman, terkadang merasa jenuh. Dengan adanya lomba, maka rasa jenuh bisa hilang. “Ya senang ada lomba yang seru-seruan seperti ini,”katanya.