Pelabuhan Tanjung Kendal Buka Kapal Rute Kendal-Karimunjawa

0
453

Pelabuhan Kendal mulai Selasa (23/8/2016) menambah rute baru dengan tujuan Karimunjawa. Peresmian Pengoperasian Lintas Kendal – Karimunjawa dan Pelayaran Perdana KM Express Bahari 2C di Pelabuhan Kendal dilakukan Kepala Dishubkominfo Provinsi Jawa Tengah Satriyo Hidayat bersama Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur dan Kepala Dinas Perhubungan Kendal Subarso S.Sos. Jadwal keberangkatan kapal untuk sementara seminggu dua kali, yaitu dari Kendal hari Selasa pk 10 pagi dan kembali dari Karimunjawa hari Rabu pk 12 siang. Rute kedua dari Kendal hari Jumat pk 9 pagi dan kembali dari Karimunjawa hari Minggu pk 9 pagi. Kapasitas kapal 351 penumpang, terdiri dari kelas VIP dengan tarfi tiket Rp 260 ribu dan kelas executif Rp 230 ribu. Perjalanan kapal ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam 15 menit.

Bupati Kendal dr Mirna Annisa dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Perhubungan Kendal Subarso mengatakan, Pelabuhan Kendal memiliki posisi penting dan bermakna bagi pembangunan daerah. Sebab akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Jateng. Bupati Mirna berharap, peralatan kapal diutamakan sebaik mungkin, sehingga keamanan dan kenyamanan penumpang terjamin.

Bupati Mirna berharap, agar ke depan Pelabuhan Kendal cepat berkembang menjadi besar. Salah satunya adalah agar rute perjalanan ditambah supaya kapal beroperasi setiap hari. Bupati juga mengatakan, dengan adanya Kawasan Industri Kendal (KIK), maka pembangunan Pelabuhan Niaga agar segera diselesaikan. Pasalnya, jika pembangunan berjalan terlalu lama, justru  akan keburu rusak. “Saya optimis jika Pelabuhan Niaga sudah beroperasi, maka Pelabuhan Kendal bakal menjadi pelabuhan besar di Jateng,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Jateng Satrio Hidayat mengatakan, keberadaan Pelabuhan Kendal akan meningkatkan perekonomian masyarakat Kaliwungu dan sekitarnya. Satriyo juga  berharap dengan beroperasinya rute Karimunjawa, akan lebih memacu lintas baru ke pulau lainnya. “Pelabuhan akan menjadi solusi transportasi darat yang saat ini sudah terlalu padat dan bakal menjadi sarana transportasi logistik yang selama ini menjadi penyebab rusaknya jalan, karena muatannya terlalu berat,”katanya.