Kelompok Pecinta Alam Kendal Peduli Sampah Diudang ke Rumah Dinas Bupati

1
409
Kelompok Pecinta Alam Kab Kendal yang melakukan aksi sosial bersih-bersih sampah di sepanjang rute Karnaval Budaya Pemerintah Kabupaten Kendal pada Rabu (31/8/2016) mendapat apresiasi dari Bupati Kendal dr Mirna Annisa. Bahkan secara khusus, Bupati Mirna mengundang mereka yang berjumlah 20 orang ke rumah dinasnya pada Jumat (2/9/2016).

Perwakilan relawan, Ali Ridho memanfaatkan undangan dari bupati itu untuk menyampaikan aspirasinya terkait dengan permasalahan sampah. Menurut Ali Ridho, sebena‎rnya untuk mengatasi masalah sampah bisa melalui penggalakan bank sampah di setiap desa.
“Kami harap ada satu bank sampah di satu desa‎. Jadi kita tidak perlu menunggu ada truk pengangkut datang, sehingga dampah tidak menumpuk,” kata Ali.
Bupati Mirna pun menyambut baik usulan tersebut. Bupati mengatakan, bank sampah kemungkinan akan berdiri serempak ketika setiap desa telah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).‎ Selama ini pemerintah telah maksimal dalam usaha mengelola sampah, antara lain melalui pengadaan truk pengangkut dan penghibahan gerobak sepeda motor kepada bank sampah yang sudah berdiri.
“Seluruh BUMDes akan saya minta supaya mendirikan bank sampah, sebagai salah satu program mereka. Ini penting, mengingat kesadaran bersih lingkungan di Kendal terbilang rendah,” ujarnya.