Petugas Temukan Cacing Hati di Empat Tempat Penyembelihan Hewan Kurban

0
364

Masyarakat dihimbau agar tidak menggunakan plastik kresek hitam untuk membungkus daging kurban, sebab plastik kresek hitam mengandung bahan karsiogenik yang dapat menimbulkan kanker. Himbauan ini disampaikan Kabid Peternakan pada DP3K Kendal Eko Jatmiko saat melakukan pemeriksaan hewan kurban di Masjid Agung Kendal Senin (12/9/2016). Selain itu, antara daging dengan jeroan agar dipisah, sebab dalam saluran jeroan banyak mengandung bibit penyakit. “Untuk membungkus daging supaya menggunakan plastik putih bening,”imbaunya.

Eko Jatmiko mengatakan, pihak dinas menugaskan beberapa petugas yang disebar di semua wilayah kecamatan.  Para petugas melakukan pemeriksaan hewan kurban di tempat-tempat penyembelihan, seperti masjid, mushola dan di tempat-tempat warga melakukan penyembelihan hewan kurban. Pemeriksaan dilakukan sebelum dan sesudah hewan kurban disembelih. “Setelah hewan kurban disembelih, yang diperiksa terutama organ hati, yang biasanya mengandung cacing hati,”katanya.

Dari laporan yang diterima, Eko mengatakan, terdapat beberapa hewan sapi yang bagian organ hatinya mengandung cacing hati, di antaranya di Desa Brangsong, Polres Kendal, Desa Pagersari Kecamatan Patean dan  Desa Johorejo Kecamatan Gemuh. “Organ hati yang mengandung cacing hati langsung dikubur dan tidak boleh dimakan,”ujarnya.