Alat Rekam Data e-KTP di 4 Kecamatan Rusak

0
384

Empat kecamatan di Kab Kendal untuk sementara tidak bisa melakukan perekaman data e-KTP, yaitu di Kec Kendal, Kaliwungu, Kaliwungu Selatan dan Patebon. Pasalnya, alat perekam di kecamatan tersebut kondisinya rusak. Sedangkan di Kec Kaliwungu Selatan memang tidak mempunyai alat perekam e-KTP karena kantor kecamatannya masih kontrak, sehingga tidak ada ruang tempatnya.

Kepala Dispendukcapil Tatang Iskandariyanto mengatakan, bagi warga di empat kecamatan tersebut, perekaman e-KTP dilakukan di Kantor Dispendukcapil. Sedangkan kecamatan lainnya yang kondisi alat perekamnya normal, perekaman e-KTP dilakukan di kecamatan masing-masing. “Karena alat perekamnya rusak, perekaman e-KTP dilakukan di Kantor Dispendukcapil, hari Senin sampai Sabtu,”katanya.

Tatang mengatakan, di Kab Kendal masih ada sekitar 106 ribu warga yang belum melakukan rekam e-KTP. Dari sejumlah itu, baru sekitar 12 ribu yang sudah melakukan rekam e-KTP. Pencetakan e-KTP bisa dilakukan setelah data dikirim ke pusat secara online untuk dilakukan validitasi. Data yang sudah valid akan dikembalikan lagi ke Dispendukcapil untuk dilakukan pencetakan. Ternyata dari 12 ribu, ada sekitar 4.000 yang belum kembali. “Validitasi dilakukan di antaranya untuk menghindari adanya KTP ganda,”ujarnya.

Terkait dengan pembatasan waktu perekaman e-KTP sampai pertengahan tahun 2017, Tatang menghimbau kepada warga yang belum rekam e-KTP agar segera melakukannya. Pasalnya, e-KTP akan digunakan untuk pengajuan pelayanan umum, seperti membuka rekening bank, kredit kendaraan, membuat SIM dan pelayanan umum lainnya. “Segeralah untuk rekam data e-KTP, karena nantinya, pelayanan umum harus menggunakan e-KTP,”imbaunya.