PADM Kendal Beri Diskon Pasang Air Cuma Rp 500 Ribu

0
1570

PDAM Tirto Panguripan Kendal kembali membuka pemasangan sambungan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Direktur Teknik PDAM Kendal, Sunanto mengatakan, untuk tahun 2017 ditargetkan sebanyak 1.000 sambungan rumah. Biaya sambungan rumah program MBR ini hanya Rp 500,- atau sepertiga dari biaya sambungan reguler yang sebesar Rp 1.503.000,-.

Sunanto menambahkan, target program MBR hanya di 10 kecamatan, yaitu Kec Weleri, Rowosari, Kangkung, Gemuh, Ringinarum, Cepiring, Patebon, Pegandon, Brangsongdan Ngampel. Namun, jika dari 10 kecamatan itu tidak memenuhi target, maka akan diperluas ke tiga kecamatan.

Dikatakan, program MBR ini bisa dilakukan jika memiliki kriteria, yaitu mempunyai  penyertaan modal, memiliki kelebihan kapasitas (sisa air), daftar MBR, sudah ada unit produksi jaringan, dan surat minat dari bupati. Adapun syarat bagi pemasang sambungan rumah program MBR adalah, sudah ada sambungan listrik 900 – 1300 VA. Khusus untuk sambungan listrik 1300 VA hanya dijatah maksimal 50 persen dari total target pemasang. “Program MBR ini tidak berlaku bagi rumah mewah atau rumah tingkat,”ujarnya.

Direktur Umum PDAM Kendal, Ati Suprihati menambahkan, pihak PDAM hanya sebatas  mengajukan, selanjutnya akan dilakukan pengecekan dan verifikasi oleh tim dari pusat. Sehingga yang menentukan diterima atau tidaknya adalah tim dari pusat.