Puting Beliung Robohkan Rumah di Desa Parakan Pageruyung

0
424

Delapan rumah di Desa Parakan Sebaran, Kecamatan Pageruyung diporak-porandakan angin puting beliung. Kejadiannya saat hujan lebat disertai angin.Selain rumah roboh, juga menyebabkan longsor menutup Sungai Kali Jamban tertutup.

Dari delapan rumah yang rusak, empat diantaranya rusak parah. Empat rumah yang mengalami kerusakan parah yakni milik Ahmad Karim, 66, Saramun, 76, Nur Kholis, 65, dan Turiah 62. Kepala BPBD Kendal, Sigit Sulistyo mengatakan, rumah-rumah tersebut roboh akibat tertimpa pohon yang tumbang setelah diterpa angin puting beliung. Sedangkan empat sisanya, rusak ringan. Selain rumah roboh, juga mengakibatkan tanah longsor di Dusun Jetis, Desa Parakan Sebaran Rt 02/03. Longsoran tersebut dinilai membahayakan karena posisinya berdekatan dengan pemukiman salah seorang warga. “Jika tidak ditangani maka dikhawatirkan akan merobohi rumah warga,” tandasnya.

Ahmad Karim, mengatakan, bencana terjadi Kamis (6/10/2016) sekira pukul 17:30 WIB. Saat itu kondisi cuaca sedang hujan deras yang disertai angin. Ketika rumahnya tertimpa pohon, Karim beserta keluarga langsung keluar rumah untuk menyelamatkan diri. “Karena panik saya langsung keluar dan tidak sempat menyelamatkan barang-barang berharga,” jelasnya.

Kasi Kesiapsiagaan dan Pencegahan Bencana BPBD Kendal, Slamet mengatakan pihaknya telah memberikan bantuan logistik kepada warga yang tertimpa bencana, berupa makanan, alat masak dan selimut. “Kami bersama anggota SAR juga membantu pemotongan pohon yang tumbang dan membersihkan rumah yang tertimpa musibah,”katanya.