KIK Ingin ada Sebuah Waduk

0
387
Pihak Kawasan Industri Kendal (KIK) berharap ada pembangunan waduk di Kabupaten Kendal. Pasalnya, sumber air yang ada sekarang tidak bisa mencukupi untuk kebutuhan sebuah kawasan yang besar seperti KIK. Salah satu pimpinan Jababeka, Purbadi mengatakan, saat ini sumber air dari Kali Blorong tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan air bagi KIK, sehingga perlu dibuatkan waduk sebagai sumber air untuk memenuhi kebutuhannya. “Seperti di Jababeka yang memanfaatkan air dari waduk Jatiluhur,”katanya.

Purbadi mengatakan, pihak KIK tidak mungkin membuat waduk sendiri, tapi harus ada keterlibatan dari pemkab dan provinsi. Untuk itu diharapkan agar ada keseriusan dari pihak pemkab dan provinsi untuk mewujudkan pembangunan sebuah waduk. Menurutnya, pembangunan waduk bukan semata untuk kepentingan KIK, tapi untuk kepentingan masyarakat juga. Sebab, fungsi sebuah waduk juga untuk menangani permasalahan banjir dan pemenuhan kebutuhan air bagi para petani. “Jika selama ini banjir di Kendal belum bisa diatasi, saya kira solusinya dengan membangun waduk,”ujarnya.

Dikatakan, keberadaan KIK akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat, terutama dalam mengatasi masalah pengangguran. Konsep pembangunan KIK pada prinsipnya sama dengan Jababeka, yaitu sebuah kawasan industri modern yang tertata.

“Untuk mewujudkan kawasan industri seperti Jababeka , mutlak diperlukan kerja keras dan kebersamaan antara pemerintah (pusat, propinsi, daerah) dengan seluruh lapisan masyarakat, dan pelaku usaha sehingga tercipta iklim investasi yang baik, begitu juga untuk KIK yang ada di Kabupaten akendal” jelas Purbadi.

Purbadi menyayangkan jika pemerintah setempat maupun masyarakat kurang respon terhadap pembangunan KIK. Pasalnya, banyak daerah lain yang mengajukan permintaan kepada PT Jababeka agar daerahnya bisa dibangun kawasan industri yang serupa. Pembangunan KIK merupakan salah satu kebijakan pusat, karena berdasarkan kajian, Kendal dinilai strategis. “Di Indonesia hanya ada dua daerah yang dijadikan kebijakan pemerintah untuk program pembangunan kawasan industri seperti KIK, sehingga Kendal harusnya bangga,”katanya.