Baznas Kendal Bedah Rumah Warga Kaliyoso Kangkung

0
633

Badan Zakat Nasional (Baznas) Kendal melakukan bedah rumah milik  Surip (48th), warga Desa Kaliyoso RT 4/1 Kec Kangkung. Bedah rumah berupa rehab total, karen kondisi rumah yang sudah miring, sehingga cukup membahayakan.  Bedah rumah berukuran 4,5 x 9 meter dilakukan secara bergotong-royong bersama warga, dibantu anggota Koramil Kec Kangkung, anggota Polsek Kec Kangkung.

Peletakan batu pertama dilakukan oleh Camat Kangkung, Ketua Baznas Kendal dan Kepala Kemenag Kendal HM Saidun. Semua yang datang juga ikut membantu mengangkat matrial batu-batu yang digunakan untuk pondasi rumah. Ada Pak Camat, Kepala Kemenag, anggota Baznas, Bagian Kesra Setda Kendal, polisi, TNI dan warga.

Pj Kepala Desa Kaliyoso, Bimasyudi Dasuki mengatakan, rumah Surip yang hanya tinggal bersama istri, Sulati yang sudah dibongkar akan dibangun menjadi rumah tembok dari batako. Untuk kekurangan matrial akan dipikul bersama warga dan pihak desa. “Biaya bedah rumah merupakan bantuan dari Baznas Kendal sebesar Rp 10 juta dan juga dari warga berupa bantuan tenaga dan matrial,”ujarnya.

Dasuki mengatakan, Surip dan istrinya tidak memiliki pekerjaan tetap, tetapi hanya sebagai buruh jika sewaktu-waktu tenaganya dibutuhkan oleh tetangganya. Biaya kehidupan sehari-hari mengandalkan kiriman dari anak satu-satunya yang bekerja di Malaysia. “Pak Surip maupun istrinya tidak ada pekerjaan tetap, tidap punya sawah, ya hanya menunggu orang yang membutuhkan tenaganya,”katanya.

Ketua Baznas Kendal, KH Ubaidilah mengatakan, rumah yang dibedah adalah rumah dari warga tidak mampu yang kondisinya tidak layak huni berdasarkan usulan dari pihak desa. Syarat utamanya yaitu rumah milik sendiri dan masuk data base sebagai warga miskin. “Kriteria rumah yang dibantu harus jelas milik sendiri dan ada memenuhi syarat untuk dibantu,”kata Kyai Ubaid.

Kyai Ubaid mengatakan, program bedah rumah dari Baznas Kendal rencananya akan dilakukan secara merata di setiap kecamatan. Dalam satu tahun, di tiap kecamatan minimal  ada satu rumah yang dibedah. “Ini program pertama bedah rumah dari Baznas, dan akan terus berjalan sesuai dengan kondisi anggaran,”katanya.