Hutan Kota Kendal dibuat Ala Taman Kota

0
809

Kota Kendal segera memiliki taman kota lagi, yaitu setelah pengembangan hutan kota Kendal di sebelah utara Rusunawa Kebondalem selesai. Kasi Pertamanan Dinas Ciptaru Kendal, Wahjuono Irwanto mengatakan, hutan kota seluas sekitar 1,2 hektar itu akan dilengkapi dengan berbagai permainan anak-anak, gapura, gazebo, pedestarian dan tempat parkir. “Fungsinya tetap sebagai paru-paru kota dan resapan, sekaligus tempat rekreasi dan penelitian bagi pelajar atau mahasiswa,”katanya.

Wahyu mengatakan, walaupun dibuatkan taman, tetap dominan  bentuk hutannya dengan berbagai pohon hutan. Jenis pohon yang akan ditanam di antaranya, trembesi, pule, ketapang, flamboyan, kamboja, karet, cemara, bambu kuning, pisang kipas dan tanaman langka. “Untuk jenis tanaman langka akan dibantu ole BLH,”kata Wahyu.

Wahyu mengatakan, hutan kota akan diberi nama Hutak Kota Klorofil berupa tulisan besar di depan. Pengembangan hutan kota ini selesai tahun 2016 ini. Dana pembangunannya sebesar Rp 4,6 miliar berasal dari APBD Kabupaten tahun 2016. Setelah pembangunannya selesai, nantinya akan dikelola dan dijaga. “Nantinya akan ditugaskan penjaga untuk mengawasi pengunjung supaya tidak disalahgunakan hal-hal yang tidak baik,”katanya.

Pembangunan hutan kota 2016 dikerjakan oleh KSO PT Tesamulsoko Perkasa CV Ar Rozaq. Mandor proyek pengembangan hutan kota dari CV Ar Rozaq, Tirto Subeno mengatakan, pembangunan ini harus sebelum akhir tahun ini. Pengerjaannya hanya sebatas pembangunan fisik, seperti pagar keliling, gazebo, gapura, permainan anak-anak, dan fasilitas lainnya. “Kami hanya mengerjakan pembangunan fisik, sedangkan untuk tanaman ditangani pihak lain,”ujarnya.