Tahun ini 47 Jalan Kabupaten akan Diperbaiki

1
665

Pemkab Kendal di tahun 2017 ini akan melakukan perbaikan infrastruktur jalan dan irigasi di 75 titik. Terdiri dari 20 gorong-gorong, 8 talud, 18 rehab dan pemeliharaan jalan, serta 29 peningkatan jalan atau cor beton. Total dana yang dianggarkan sebesar Rp 170 miliar dari APBD Kendal 2017.

Kabid Rehabilitasi dan Pemeliharaan Jalan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kab Kendal, Juni Isyanto mengatakan, untuk Rencana Umum Pengadaan (RUP)-nya sudah selesai dibuat. Saat ini sedang mempersiapkan dokumen-dokumen untuk pelaksanaan lelang. Ditargetkan pada akhir Februari ini beberapa pekerjaan sudah masuk lelang dan di akhir Maret mendatang diperkirakan sudah ada beberapa proyek yang dikerjakan. “Akhir Maret atau April nanti mungkin proyek sudah mulai dikerjaan, tapi tidak bersamaan semuanya,”katanya.

Juni mengatakan, beberapa jembatan yang beberapa waktu lalu putus ternyata termasuk yang diperbaiki di tahun 2017 ini, seperti jembatan Kaliputih Silentho dan jembatan Jalan Darupono – Padaan. Jembatan lainnya yang masuk perbaikan tahun ini yaitu jembatan Jalan Pegruyung – Selokaton dan jembatan Jalan Kalibareng – Sojomerto. “Jembatan yang putus itu memang kondisinya sudah rusak, sehingga masuk prioritas yang diperbaiki,”ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan jalan Pantura Weleri – Kaliwungu yang kondisinya banyak mengalami kerusakan, Juni mengatakan, Jalan Pantura merupakan jalan nasional, sehingga kewenangan perbaikannya ada pada pihak pusat. Dikatakan, pihak Pemkab hanya bisa mendesak agar pihak pusat segera melakukan perbaikan. Dalam hal ini Pemkab sudah melayangkan surat kepada Satker Metropolitan Semarang sejak tanggal 31 Januari 2016 lalu untuk meminta agar segera melakukan perbaikan jalan di Jalan Pantura Kendal yang kondisinya rusak akibat seringnya turun hujan. “Kabupaten tidak punya wewenang untuk melakukan perbaikan jalan nasional, namun hanya melakukan koordinasi dengan pihak Satker agar segera melakukan perbaikan,”katanya.