Sebanyak 21 Rumah Rusak Terjena Banjir Bandang di Dukuh Kenjuren Desa Purwosari Sukorejo

0
1268

Sebanyak 21 rumah rusak terkena banjir bandang dan tanah longsor di Dukuh Kenjuran Desa Purwosari Kec Sukorejo Minggu (26/2/2017). Rumah yang terkena bencana tersebut berada di RT 12, 13, 14 dan 15 RW 04 Kenjuran Purwosari. Dua rumah di antaranya hanyut di terjang banjir dan dua rumah roboh, sedangkan lainnya rusak ringan. Menurut perangkat Desa Purwosari, Misromi, kejadiannya sekitar pukul 4 sore, saat hujan ringan. “Tidak ada korban jiwa, dan warga banyak luka-luka ringan, karena terjatuh ketika lari,”kata Misromi Senin (27/2/2017).

Bantuan banyak yang datang, baik dari SAR BPBD Kendal, Satpol PP dan Damkar, TNI, Polri, PMI, Puskesmas, Baznas dan berbagai kelompok masyarakat. Para petugas menyiapkan tempat pengungsian, membuat dapur umum dan Posko Kesehatan. Mereka juga membantu membersihkan rumah dan lingkungan yang terkena lumpur serta membawa bantuan logistik.

Kepala Desa Purwosari, Muhammad Miadi mengatakan, untuk bantuan logistik makanan sementara cukup. Yang masih dibutuhkan di antaranya paralon untuk saluran air bersih sekitar 1000 batang. Juga makanan ringan untuk anak-anak dan balita.  Hingga Senin (27/2/2017) jumlah pengungsi sebanyak 982 jiwa yang ditampung di tiga tempat, yaitu di rumah warga dan masjid.

Seorang warga, Sri Umi mengatakan, selama ini bantuan makanan sudah cukup, hanya saja untuk anak-anak balita membutuhkan pampers dan susu. Bantuan memang banyak datang dari berbagai pihak, namun bantuan untuk kebutuhan balita, berupa susu dan pampers belum ada. “Kalau bantuan makanan berupa nasi sudah cukup, tapi yang belum ada pampers dan susu bayi,”ujarnya.