Raskin akan Dibagi mulai April

0
975

Pembagian beras miskin (raskin) di Kab Kendal rencananya akan dilakukan bulan April mendatang. Kepala Dinas Sosial Kab Kendal, Kuncahyadi mengatakan, mundurnya jadwal pembagian raskin tahun ini, karena ada peralihan tugas penanganan, yaitu yang semula ditangani Bagian Perekonomian Setda Kendal, kini dilimpahkan ke Dinas Sosial Kendal. “Sesuai dengan regulasi dari pusat, mulai tahun 2017 ini ditangani oleh Dinas Sosial,”kata Kuncahyadi Jumat (17/3/2017).

Di tahun 2017 ini jumlah penerima bantuan raskin di Kab Kendal sekitar 64 ribu kepala keluarga. Tiap KK mendapatkan 15 kilogram per bulan. Kuncahyadi menegaskan, pembagian bantuan raskin harus diberikan sesuai data penerima dan tidak boleh dibagi rata. Bagi desa yang melakukan pembagiannya tidak sesuai data nama atau dilakukan dengan bagi rata, maka jika suatu saat ada temuan pelanggaran. pihak desa yang harus menanggung sanksinya. “Kami sudah memberikan sosialisasi terkait penyaluran bantuan raskin yang sesuai aturan, sehingga kalau ada desa yang berani menyalahi aturan, maka akan ditanggung sendiri,”tegasnya.

Kuncahyadi menambahkan, jika ada perubahan data, baik penambahan atau pencoretan nama penerima, maka harus dilakukan melalui musyawarah desa. Hasil dari musyawarah desa tersebut, selanjutnya diusulkan ke pusat melalui Dinas Sosial kabupaten. Penerima raskin sudah ada kriterianya, sehingga benar-benar tepat sasaran. “Kalau ada perubahan data nama, harus  melalui musyawarahkan desa,”katanya.