Jelang Ramadan, Harga Kebutuhan Pokok mulai Naik

Kelang Ramadan harga sembako di Pasar Kendal mulai naik

0
906

Menjelang bulan Ramadan, beberapa kebutuhan pokok di Pasar Kendal mulai naik. Kenaikan harga ini mulai sepekan lalu. Bawang putih yang semula Rp 35 ribu per kilogram, naik menjadi Rp 6o ribu per kilogram. Sedangkan bawang merah yang semula Rp 20 ribu menjadi Rp 30 ribu per kilogram. Harga cabe rawit yang semula Rp 50 ribu naik menjadi Rp 60 ribu per kilogram. Cabe merah dari Rp 15 ribu naik menjadi Rp 30 ribu per kilogram.

Harga telur ayam juga naik, dari Rp 16 ribu menjadi Rp 19 ribu per kilogram. Menurut seorang pedagang di Pasar Kendal, Nanik, kenaikan harga dikarenakan pasokan dari distrobutor mengalami pengurangan. Padahal permintaan meningkat, karena banyak warga yang mengadakan hajatan menjelang Ramadan. “Kenaikan jelang Ramadan ini sudah biasa,”katanya.

Nanik mengatakan, saat ini harga sayur-mayur masih stabil, tapi tidak menutup kemungkinan akan mengalami kenaikan. “Barang-barang lain bisa juga ikut naik, apalagi mendekati Ramadan dan Lebaran,”ujarnya.

Seorang pembeli, Yayuk mengaku terasa berat jika harga-harga mengalami kenaikan. Apalagi rekening listril PLN juga naik. “Saya harap, pemerintah segera turun memantau harga supaya harga-harga bisa dikendalikan,”ujarnya.