Baznas Kendal Salurkan Bantuan Modal PKL

Baznas Kendal salurkan bantuan modal kepada PKL

0
1074

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kendal di bulan Ramadan ini akan menyalurkan bantuan modal kepada pedagang kakilima di wilayah Kecamatan Kendal, Weleri dan Kaliwungu. Besarnya bantuan disesuaikan dengan kebutuhan  dan kondisi pedagang, mulai dari Rp 300 ribu sampai 500 ribu.

Ketua Baznas Kendal H Ubaidillah mengatakan, pemberian modal merupakan salah satu program utama Baznas yaitu program pemberdayaan ekonomi. Tujuannya adalah untuk mengentaskan kemiskinan. “Harapannya agar pedagang kakilima semakin berkembang, sehingga bisa terlepas dari kemiskinan,”katanya.

H Ubaidilah mengatakan, pada bulan Ramadan ini, Baznas Kendal juga menyalurkan bantuan untuk warga tidak mampu berupa paket sembako. Bantuan ini akan diberikan bersamaan dengan kegiatan taraweh keliling Forkompimda di beberapa tempat. “Rencananya ada di 11 tempat,”katanya.

Dikatakan, Baznas tidak hanya menerima zakat dari kalangan pegawai negeri, tapi juga pegawai swasta dan masyarakat umum. Untuk itu dihimbau kepada masyarakat untuk membayar zakat melalui Baznas, sebagai satu-satu lembaga pengelola zakat yang resmi  ditunjuk oleh pemerintah. Sosialisasi terus dilakukan ke instansi pemerintah, BUMN, BUMD dan lapisan masyarakat. “Pengelolaam Baznas ini terbuka, baik penerimaan maupun penyalurannya bisa dilihat secara online di internet,”ujarnya.