Arsip-arsip Kuno Kendal masih Tersebar di Desa-desa

Arsip Daerah Kendal akan kumpulkan arsip kuno 2017

0
872

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kab Kendal akan kumpulkan arsip-arsip kuno yang masih tersebar di desa-desa. Upaya ini untuk menyelamatkan supaya arsip-arsip kuno tidak hilang karena tidak terurus. Padahal arsip-arsip kuno banyak yang bernilai  sejarah yang harus dijaga supaya tidak hilang.

Arsipparis pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kab Kendal, Endang Koes Tjahajaningsih mengatakan, diketahuinya arsip-arsip kuno bermula ketika ada kegiatan lomba arsip desa. Dari kegiatan lomba tersebut, ternyata desa-desa memiliki arsip-arsip kuno, bahkan ada yang masih menggunakan huruf Jawa kuno.

Endang yang baru saja meraih juara 1 lomba Arsiparis Teladan tingkat Jateng mengatakan, saat ini baru melakukan pengumpulan arsip-arsip kuno yang ada di desa-desa. Arsip-arsip yang sudah dikumpulkan oleh masing-masing desa sementara masih tetap disimpan di desa. Pihak dinas belum bisa menarik arsip-arsip tersebut karena terkendala dengan anggaran. Pasalnya, untuk bisa menarik atau mengumpulkan arsip-arsip tersebut harus melalui prosedur pemerintahan. “Untuk menarik arsip-arsip tersebut harus melalui mekanisme anggaran terlebih dahulu, sehingga tidak bisa menarik begitu saja,”katanya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kab Kendal, Abdussalam mengatakan, menangani arsip-arsip cukup rumit, karena harus benar-benar bisa menjaga supaya tidak rusak. Tidak hanya membutuhkan tempat yang cukup, tapi juga membutuhkan perawatan yang baik supaya tidak rusak. “Harus memiliki keahlian atau pengetahuan untuk mengelola arsip,”ujarnya.